Analisis faktor yang memepengaruhi keputusan untuk migrasi ulang alik di balikpapan

Budi Agustin, Eny Rochaida, Rachmad Budi Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh umur, jarak tempuh, jenis pekerjaan, status perkawinan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan untuk migrasi ulang alik di Balikpapan. Menurut Everett S. Lee (1966) Migrasi adalah perubahan tempat tinggal yang permanent atau semi permanent dan tidak ada batasan mengenai jarak yang ditempuh, apakah perubahan tempat tinggal itu dilakukan secara sukarela atau terpaksa, dan apakah perubahan tempat tinggal itu antar Negara atau masih dalam suatu Negara. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan Logistic Regression Model dan program Statistical Packege For The Social Sciences 20.0. Populasi penelitian ini adalah 18.746 penduduk migrasi masuk berdasarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Balikpapan, sedangkan sampel penelitian menggunkan rumus Slovin dengan total sampel 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel umur, variabel jarak, variabel jenis pekerjaan dan variabel status perkawinan berpengaruh terhadap keputusan untuk melakukan migrasi ulang alik. Sedangkan variabel tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan untuk melakukan migrasi ulang alik di Balikpapan.


Keywords


Migrasi ulang alik; umur; jarak; jenis pekerjaan; status perkawinan; pendapatan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2013. Analisis keputusan Tenaga Kerja Melakukan Migrasi Komutasi Di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Universitas Jember .

Arsyad, Lincolin. 2005. Pengantar Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. BEPFE. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik, 2015. Kota Balikpapan Dalam Angka. Kota Balikpapan

Kota Balikpapan Dalam Angka. Kota Balikpapan

. Kota Balikpapan Dalam Angka. Kota Balikpapan

Bappenas, 2009. Peran Sektor Informal Sebagai Katu Pengaman Masalah Ketenagakerjaan. www.Bappenas.Go.Id Di Akses Pada Tanggal 10 Oktober 2018.

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. 2017. Laporan Data Migrasi Penduduk Kota Balikpapan Tahun 2015-2017. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan.

Djoko, M.A.S Sri, Yayat Karyana dkk. 2017. Mobilitas Penduduk Dan Bonus Demografi. Bandung: Unpad Press.

Kool, Fery. 2016. Pengertian dan Definisi Demografi. http://fekool.blogspot.com/2016/02/pengertian-dan-definisi-demografi.html?m=1 diakses pada tanggal 01 desember 2018.

Guntoro, Dibyo Waskito. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penduduk Melakukan Migrasi Internal Di Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Gugukmut. 2012. Teori dan kebijakan migrasi. Http://markopet.blogspot.co.id/2012/06/teori-dankebijakan-migrasi.html?m=1 diakses pada tanggal 15 oktober 2018.

Handiyatmo. 2011. Migrasi Internal Penduduk Indonesia. Jakarta: BPS Indonesia.

Harahap, Dedy Yahya dan Ivanovich Agusta. 2018. Peran Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Pengusaha Sektor Informal. Jurnal. Institut pertanian Bogor.

Haidir. 2017. Pola Migrasi Tenaga Kerja Ulang Alik Di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Indriani, Puri. 2010. Analisis Keputusan Tenaga Kerja Menjadi Commuter. Universitas Diponogoro, Semarang.

Khotijah, Siti. 2008. Analisis Faktor Pendorong Migrasi Warga Klaten Ke Jakarta. Universitas Diponegoro, Semarang.

Lee, Everett S. (1966). A Theory of Migration. Journal Demography Published by Association of America. Vol.3, No.1 pp47-57.

Manning, Chris, dan Tadjuddin Noer Effendi, 1991. Urbaisasi, Pengangguran, dan sektor informal di kota.Jakarta : Gramedia.

Mantra, Ida Bagoes. 2000. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhamad. 2008. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mutmainnah, A.Nurul. Lala M Kolopaking, dan Ekawati Sri Wahyuni. 2015. Urbanisasi Di Kota Balikpapan: Formasi Sosial Keluarga Pendatang Miskin Di Kota Balikpapan. Jurnal. Institut Pertanian Bogor.

Mulyadi. 2002. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Rajawali Press. Jakarta.

Pangaribuan, Kaisar Hasudungan. 2013. Analisis Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan Daerah Asal, Jumlah Tanggungan Dan Status Perkawinan Terhadap Keputusan Migrasi Sirkuler Ke Kota Semarang (Studi Kasus: Kecamatan Tembalang Dan Pedurungan). Jurnal. Universitas Diponegoro, Semarang.

Puspitasari, Ayu Wulan. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler Ke Kabupaten Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Puspita, Devi. 2007. Kewirausahan Merencanakan Usaha Mikro/Makro. Jakarta: CV Pandu Karya. http://dyhretnow.blogspot.com/2011/12/pengecer.html?m=1 diakses pada tanggal 11 febuari 2019.

Rahyuda, I Ketut. Murjana Yasa, I gst Wayan. Yuliartinu, Ni Nyoman. 2004. Metode Penelitian. Unversitas Udayama

Rangkuti, Hasnani. 2009. Pengaruh Kesenjangan Penghasilan dalam Keputusan Bermigrasi Tenaga Kerja di Indonesia: Analisis Data IFLS 1993 dan 2000. Tesis FE.UI: Jakarta.

Rusli, Said. 1985. Pengantar Ilmu Kependudukan. LP3ES. Jakarta.

Reganatha,Ara Shera. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Intern Di Kelurahan Tlogosari Kilon Kecamatan Pendurungan – Semarang.

Romdiati , Haning dan Mita Noveria. 2004. Mobilitas Penduduk Antar Daerah Dalam Rangka Tertib Pengendalian Migrasi Masuk Ke DKI Jakarta. Jurnal.

Safaria, Anne Friday, dkk. 2003. Hubungan Perburuhan di Sektor Informal – Permasalahan dan Prospek. AKATIGA. Bandung.

Saraswati, Putu Ayu Sanis. 2010. Analisis Pengaruh Upah, Lama Migrasi, Umur, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Migrasi Sirkuler Penduduk Salatiga Ke Kota Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sasmi , Cici dan Nasri Bachtriar. 2016. Analisis Migrasi Internasl Di Sumatera Barat: Suatu Kajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Masuk Ke Kota Padang. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang.

Susanto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Demografi. https://nugrohosusantoborneo.files.wordpress.com/2012/11/dasar-dasar-demografi.ppt , diakses pada tanggal 20 oktober 2018.

Sukirno, Sadono. 2011. Pengantar Makro Ekonomi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptoherijanto, Prijono. 2000. Urbanisasi dan Perkembangan Perkotaan di Indonesia.

Todaro, Michael P. & Stephen C. Smith. 2011. Pembangunan Ekonomi, edisi kesebelas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.

Todaro, P.M. & Smith S.C. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Wenni Monika Br. 2017. Analisis Pendapatan Migran Sektor Informal Di Kota Samarinda. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Thesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Villantina, Dina. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Migrasi ke Kecamatan Pendurungan. Semarang: Undip.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i1.6537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com