Determinan pengangguran dan kemiskinan

Eri Nugraha, Fitriadi Fitriadi, Ardi Paminto

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji determinan pengangguran dan kemiskinan yang terdiri dari produk domestik regional bruto (PDRB), investasi, inflasi dan jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian dirancang dengan pendekatan kuantitatif untuk mellihat seberapa besar pengaruh dari produk domestik regional bruto (PDRB), investasi, inflasi dan jumlah penduduk terhadap pengangguran dan kemiskinan.Berdasarkan hasil analisis, produk domestik regional bruto (PDRB) secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Investasi secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Inflasi secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Jumlah penduduk secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Pengangguran seara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Dari hubungannya secara tidak langsung, keempat variabel eksogen tidak mampu mereduksi kemiskinan melalui pengangguran sebagai variabel intervening karena hasilnya berpengaruh tidak signifikan.


Keywords


Kemiskinan; pengangguran; produk domestik regional bruto; investasi; inflasi; jumlah penduduk; analisis jalur

References


A. Astrini, Ni Made Myanti. 2013. Pengaruh PDRB, Pendidikan dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Bali. Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Aisyaturridho. 2018. Pengaruh Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto, dan Angka Harapan Hidup Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Sumatera Utara Periode 2011-2016. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Anderesta, Kurniasih. Pengaruh Bantuan Sosial dan Tingkat Inflasi Terhadap Kemiskinan Seluruh Provinsi Di Indonesia Tahun 2007 – 2017. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arisdianto, Dedy. 2019. Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Disparitas Pembangunan Ekonomi Di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Arumsari, Fredila Putri. 2017. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Pendidikan, UMR dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011-2014. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Astuti, wuku. 2015. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya Terhadap Pengangguran dan Kemiskinan (Studi Pada Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa Periode 2007-2011. Jurnal EBBANK vol. 6 no. 1.

Azizah, Elda Wahyu. 2018. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan Perkapita dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Azzi, Andika. Analisis Program-Program Penanggulangan Kemiskinan Menurut SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Di Kota Semarang Dengan Metode Analisis Hierarki Proses (AHP). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Badan Pusat Statistik. 2019. Provinsi Kalimantan Timur Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur. http://kaltim.bps.go.id/ diakses tanggal 20 Mei 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS). http://bps.go.id/ diakses tanggal 20 Mei 2020.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. 1986. The moderator–mediator variabledistinction in social psychological research: Conceptual, strategic, andstatistical considerations. Journal of personality and social psychology

Cutler, David M. dan Lawrence F. Katz. 1991. Macroeconomic Performance and the Disadvantaged. Brookings Paper on Economic Activity. Harvard University. US.

Dama, Himawan Yudistira. 2016. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kota Manado (Tahun 2005-2014). Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Febriani. 2017. Determinan Pertumbuhan Ekonomi di Negara ASEAN. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. ISSN 2541-1470

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Habibi, Muhammad. 2016. Pengaruh Tenaga Kerja Dan Investasi Swasta Pengeluaran Pemerintah Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Dan Ketimpangan Pembangunan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Timur. FEB Universitas Mulawarman

Hasan, Iqbal, 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferentif). Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.

. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara Jakarta.

Haughton Jonathan, Shahidur R. Kandker. 2012. Pedoman Tentang Kemiskinan Dan Ketimpangan. Salemba Empat. Jakarta.

Ihsan, Khairil. 2018. Analisis Pengauh UMP, Inflasi dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Aceh. Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Aceh.

Kaufman, Bruce E dan Julie L Hotchkiss. 1999. The Economic of Labor Markets Fifth Edition. The Dryden Press. Georgia.

Kuncoro, Mudrajad. 2000. Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah dan Kebijakan, UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

. 2006. Ekonomi Pembangunan. Salemba Empat. Jakarta.

Kuntiarti, Dita Dewi. 2017. Pengaruh Inflasi, Jumlah Penduduk, dan Kenaikan Upah Minimum Terhadap Pengangguran Terbuka di Provinsi Banten Tahun 2010-2015. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Lindiarta, Ayunda. 2016. Analisis Penganruh Tingkat Upah Minimum, Inflasi, dan Jumlah Penduduk Terhadap Pengangguran Di Kota Malang (1996-2012). Jurnal Ilmiah. Universitas Brawijaya. Malang.

Machmud, Amir. 2016. Perekonomian Indonesia Pasca Reformasi. Erlangga. Jakarta.

Mahsunah, Durrotul. 2012. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan DanPengangguran Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur. Fakultas Ekonomi Pendidikan Ekonomi. UNESA. Surabaya.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makroekonomi, Edisi Kelima. Terjemahan. Erlangga. Jakarta.

Manurung, Prathama Rahardja Mandala. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi), Edisi Ketiga. Lembaga Penerbit FEUI. Jakarta.

Mukhamad, Budi Setiawan. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Muttaqin. 2017. Cara mengatasi pengagguran Friksional dan Struktural dalam https://www.muttaqin.id/2017/07/cara-mengatasi-pengangguran-struktural-friksionalmusiman.html. di akses pada 23 November 2020.

Nanga, Muana. 2001. Teori Makro Ekonomi, Edisi Pertama. Rajawali Press. Jakarta.

Novianto, Setyo. 2018. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, IPM, Inflasi, dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten/Kota Jawa Tengah .Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Nugroho, Priyo Adi. 2015. Pengaruh PDRB, Tingkat Pendidikan, dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Kota Yogyakarta Tahun 1999-2013. Fakultas Ekonomi UNY. Yogyakarta.

Nurwati, Nunung. 2008. Kemiskinan Model Pengukuran, Permasalahan dan Alternatif Kebijakan. Jurnal Kependudukan Padjadjaran. Bandung.

Nurullaily, Ima. 2018. Determinan Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Kalimantan Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Parkin, Michael and Robin Bade. 1992. Macro-economic, Second Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Pateda, Yolanda. 2017. Pengaruh Investasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Gorontalo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Magister Ilmu Ekonomi Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Powers, Elizabeth T. 1995. Growth and Poverty Revisited. Economic Commentary. Federal Bank of Cleveland. US.

Priastiwi, Dian. 2019. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan, Upah Minimum, dan PDRB Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Provinsi Jawa Tengah. Diponegoro Journal Of Economics. UNDIP. Semarang.

Putong, Iskandar. 2003. Ekonomi Makro: Pengantar Ilmu Ekonomi Makro Volume 1. Mitra Wacana Media. Jakarta.

_____________. 2010. Pengangtar Ekonomi Makro. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Putra, Wahyu Aditama. 2018. Pengaruh Inflasi dan Investasi Terhadap Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur Tahun 1992-2011. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. Universitas Airlangga. Surabaya.

Qadrunnada, L. 2017. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/10415/F.%20BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y, diakses pada 24 November 2020.

S, Fitri Wardani. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Upah, Tingkat Pendidikan, Investasi dan Jenis Kelamin Terhadap Pengangguran di Kota Palembang. Fakultas Ekonomi. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Safitri, Dania Safia. 2011. Pengaruh Inflasi dan PDRB Terhadap Pengangguran Terbuka Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1993-2009. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Santoso, Singgih. 2000. Latihan SPSS Statistik Parmetik. Gramedia. Jakarta.

Sasana, Hadi. 2006. Analisis dampak Desentralisasi FiskalTerhadap Pertumbuhan Ekonomi di kabupaten/Kota Provinsi jawa Tengah. Dinamika Pembangunan. Universitas Diponegoro Semarang.

Soesastro, Hadi. et al., eds., 2005. Pemikiran dan Permasalahan Ekonomi Di Indonesia dalam Setengah Abad Terakhir; Buku 2 Ekonomi Terpimpin. Kasinus. Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Makroekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

. 2004. Pengantar Teori Makroekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

. 2008. Teori Pengantar Makroekonomi. Edisi 3. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

_____________. 2015. Makroekonomi Teori Pengantar. Rajawali. Jakarta.

Suryawati, Chriswardani. 2005. Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. JMPK.

Suwadi, Widodo. 2013. Ekonomi Sumber Daya Dan Lingkungan. Ponorogo

Suyatno, Thomas. 2003. Dasar- Dasar Perkreditan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi (edisi kesembilan, jilid I). Erlangga. Jakarta.

Undang-Undang No 6 tahun 1968 dan Undang-Undang nomor 12 tahun 1970 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri.

Undang-Undang Nomor 11 tahun 1970 tentang Penanaman Modal Asing

Waruwu, Seri Jefry Adil. 2016. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Belanja Pemerintah dan Investasi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia Tahun 1995-2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Widiyanto, Mikha Agus. 2013. Statistika Terapam. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Wirawan. I Made Tony, Analisis Pengaruh Pendidikan, PDRB Per Kapita dan Tingkat Pengangguran Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Provinsi Bali. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Yanti, Nur Fitri. 2017. Analisis Pengaruh Inflasi, Investasi dan Pdrb Terhadap Tingkat Pengangguran di Wilayah Sulawesi Periode 2010-2014 Jurnal Pembangunan Wilayah Pedesaan Pascasarjana Universitas Tadulako. Palu.

Yaqoub, Yarlina. 2012. Pengaruh Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmu Ekonomi. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Yuliasih, Fitri Wahyu. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Pendidikan Terhadap Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan Di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmu Ekonomi. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Yustika, Ayu. 2014. Analisis Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kabupaten Polewali Mandar (Kasus Kecamatan Campalagian). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Zurisdah, Z. 2016. Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Banten. Fakultas Ekonomi danBisnis Islam. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Banten.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.10011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com