Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan

Jhony Thamara, Yana Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018 yang berjumlah 115 sempel data, data yang digunakan berjenis kuantitatif dan sumber data adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan kemudian alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, data dianalisis menggunakan software IBM SPSS Statistic 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Keputusan pendanaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Kebijakan dividen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Keywords


keputusan investasi; keputusan pendanaan; kebijakan dividen; nilai perusahaan

Full Text:

PDF

References


Alfilail, N. (2014). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan , kebijakan dividen, inflasi, dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2011). Dasar-dasar Manjemen Keuangan buku 1. (Alih Bahasa: Ali Akbar Yulianto). Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Deitiana, Tita. (2011). Manajemen Operasional Strategi dan Analisa Services dan Manufaktur. (edisi pertama). Mitra Wacana Media, Jakarta

Evana, E. (2009). Analisis Hubungan Investment Opportunity Set (IOS) Berdasarkan Nilai Pasar dan Nilai Buku. Jurnal Akuntansi, vol 14.

Fajaria, A. Z. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol 1, 1–11.

Faniyah, Iyah. (2017) Investasi Syariah Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia, Yogyakarta

Fenandar, I., Gany dan Raharja, Surya. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan.

Jurnal Akuntansi. Vol 1, No 2, Hal 01-10. UNDIP Semarang

Fama, Eugene F. French. Kenneth R. (1998). Taxes Financing Decisions, and Firm Value. The Journal of Finance. Vol. LIII, No. 3.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Himawan, Ria Purnamaputri. (2015). “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaanâ€. Skripsi.

Surabaya: Jurusan Akuntansi Universitas Widya Mandala.

Hasnawati, S. (2005). Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Jakarta

Hardiningsih, P. (2009). Determinan nilai perusahaan. Jurnal Vol 5, 231–250.

Hartono, Jogiyanto. (2003). Teori Portofollio dan Analisis Investasi, Edisi kelima.

BPEE, Yogyakarta

Hartono, R. S. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Manajerial Terhadap nilai perusahan. Jurnal Manajemen

Kartika, Andi. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol.16 No.1.

Lihan Rini Puspo Wijaya. (2010). Implekasi Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Manajemen Surakarta.

Luh Putu Novita Sartini dan Ida Bagus Anom Purbawangsa. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Divien, serta Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 8, No. 2.

Nisa, R. C. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen

Putri, H. P. D., & Isynuwardhana, D. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 394–399.

Sartini, L. P. N., & Purbawangsa, I. B. A. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Serta Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol 8, 81–91. Bali.

Sartono,R.Agus (2010) Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat.BPFE, Yogyakarta

Sartono, R A, dan Prasetyanta, A, (2005). Pengaruh Perubahan Dividen terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Masa yang Akan Datang, Media Ekonomi dan Bisnis Vol.XVII No.2, Jurnal Manajemen

Sukirni. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden Dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaanâ€. Accounting Analysis Journal. Semarang.

Sujoko dan Soebiantoro, U., (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 9, 47.

Sofyaningsih, Sri dan Pancawati Hardiningsih. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 3, No. 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.: PBFE, Bandung.

Wijaya, L. R. P.(2010). Implikasi Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi, 1–68. Surakarta Universitas Sebelas Maret.

www.idx.co.id

www.ksei.co.id

Yulia Efni. (2011) Analisis Kebijakan Pendanaan, Kepemilikan Manajerial dan Analisis Kas Bebas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Non Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Universitas Riau Jurnal Manajemen Riau




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i1.9950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com