Pengaruh Investment Account Holder, Ukuran Perusahaan, dan Islamic Performance Index terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia

Tri Wahyuning Tyas, Yana Ulfah, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Investment Account Holder, Ukuran perusahaan, dan Islamic performance Index terhadap pengungkapan Islamic Social reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi penelitian adalah seluruh Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia berjumlah 14 Bank. Jumlah sampel penelitian sebanyak 6 Bank Umum Syariah. Periode penelitian selama 5 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Data diolah menggunakan SPSS statistic versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Invesment Account Holder, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan Islamic Performance Index yang diukur dengan menggunakan Profit Sharing Ratio, Equitable Distribution Ratio, Islamic Income vs Non Islamic Income tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.


Keywords


Investment Account Holder; Ukuran Perusahaan; Islamic Performance Index; Islamic Social Reporting.

References


A. Zanjabil. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility.Accounting Analysis Journal, 4(4). Diakses pada 30 Oktober 2019. https://doi.org/10.15294/aaj.v4i4.9119

Desiskawati, Y. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Berdasarkan Islamicity Performance Index Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, 4–5. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diakses pada 23 Februari 2019. http://etheses.uin-malang.ac.id

Hayati, R. (2016) Analisi Pengaruh Sharia Governance Structure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2011-2015. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Di akses pada 13 Mei 2019. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33916/1/RIKA%20HAYATI.pdf

Hikmatullah. (2019). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Kepatuhan Syariah, dan Investment Account Holders Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah. Surabaya Journal Article Of Accounting. Diakses pada 3 September 2020. https://eprints.perbanas.ac.id

Haniffa. (2002). Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesia Management & Accounting Research Vol 1 No.2, 128-146. Diakses pada 16 Desember 2019. https://id.scribd.com/doc/312550684/Haniffa-R-Social-Reporting-Disclosure-An-Islamic-Perspective-2002.

Indayani, J. N. (2019). Analisis pengungkapan Islamic Social Reporting Index pada Bank Syariah di Indonesia: studi empiris pada Bank BNI Syariah. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Suarabaya. Diakses pada tanggal 22 Desember 2020. http://digilib.uinsby.ac.id/29229/

Rosiana. R., Arifin, B., & Hamdani, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010 – 2012). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (1), 2015. Diakses pada 15 Desember 2020. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi/article/view/2334

Rusdianto, U. (2013). CSR Communications A Framework for PR Practitioners. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sasmita, E. N. (2018). Analisis pengaruh Islamicity Performance Index, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses pada 19 Mei 2019. http://etheses.uin-malang.ac.id/12728/

Wulandari, (2017). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Umur Perusahaan, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan Yang Listing di Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2013-2014. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Diakses pada 20 Februari 2019. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/270/1/28.%Dwi%20Shinta.pdf

Yusuf, MY. (2017). Islamic Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga keuangan Syariah (LKS) Teori dan Praktik. Depok: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v7i4.9787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com