Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan kebijakan dividen terhadap return saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Mochamad Brian Muzaky, Dwi Risma Deviyanti, Annisa Abubakar Lahjie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh coprorate social responsibility dan kebijakan dividen terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 11 perusahaan sebagai sampel penelitian dengan tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 digunakan sebagai periode penelitian. Sehingga diperoleh 33 jumlah data penelitian Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dibantu dengan menggunakan alat analisis statistik yaitu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Coprorate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham pada perusahaan pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Kebijakan dividen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham pada perusahaan pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Corporate social responsibility; kebijakan dividen; return saham

Full Text:

PDF

References


Adam, M. & Artika, D. (2015). Kebijakan Dividen, Tanggung Jawab Sosial, dan Nilai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2(1), 59-75.

Aini, A. K. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(12), 1-11.

Arimbawa, P. & Wirakusuma, M. G. (2016). Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility, Profitabilitas Dan Pembagian Dividen pada Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi, 1(14), 19-33.

Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(2), 1112–1138.

Bringham, Eugene F & Houaton, Joel F. (2001). Manajemen Keuangan.

Erlangga: Jakarta.

Darsono, A. (2009). Aplikasi Analisis Laporan Keuangan. Liberti: Yogyakarta. Deitiana, T. (2011). Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penjualan dan

Dividen Terhadap Harga Saham. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 13, (1), 57– 66.

Dwianika, A. (2018). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan, Menggunakan Ultimate Ownership Sebagai Pemoderasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 5(2). 87-97

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gumanti, T. A. (2013). Kebijakan Dividen,Teori, Empiris, dan Implikasi. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Hamdan, A. (2014). Pengertian CSR, Bentuk, Tujuan, Manfaat Dan Contohnya.

Diakses tanggal 21 Oktober 2019. https://www.alihamdan.id//csr-adalah/

Hardaningtyas, R. T., & Siswoyo, B. B. (2016). Pengaruh Kebijakan Deviden Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Lq 45 Periode 2015. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 574–582. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6200

Hartanti, P. (2014). "Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Leverage Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Price To Book Value: Studi Kasus Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012â€. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hikmah, K. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen: pendekatan Teori Stakeholder. Jurnal Manajemen, 1(45), 91-105.

Huda, F. A. (2018). Pengertian Definisi Operasional. Diakses pada 15 September 2019. dari http://fatkhan.web.id/pengertian-definisi-operasional/

Jogiyanto, H. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 7. BPFE- UGM: Yogyakarta.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibily Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Fokus Ekonomi, 6(1), 105–121. diakses dari http://182.255.0.172/ejournal/index.php/fokus/article/view/56

Lindawati, A. S. L., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 157–174. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6013

Murhadi, W. R. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham.

Salemba Empat: Jakarta.

Pratiwi, N., & Suryanawa, I. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Sosial Responsibility Disclosure Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi, 9(2), 465–475.

Pirwanda, F. & Pirngadie, B. H. (2015). Dampak Kegiatan Tambang Timah Konvensional Terhadap perubahan Guna Lahan Di Kabupaten Belitung. Jurnal Planologi, 2(3), 177-194.

Pratiwi, P. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal FINANCIAL, 1(1), 51-55.

Putra, I. B. G. W., & Utama, I. M. K. U. (2015). Pengaruh Social Responsibility dan Informasi Laba Akuntansi Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1, 191–207.

Redaksi. (2019). ISDA 2019, KPC Terima 10 Penghargaan. Diakses pada 15

September 2019. http://www.suarakutim.com/di-isda-2019-kpc-terima-10- penghargaan/

Riyanto, T. (2015). Manfaat CSR Bagi Prusahaan. Diakses pada 15 September 2019. https://zahiraccounting.com/id/blog/manfaat-csr-bagi-perusahaan/

Santi, G. T. (2013). "Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Resposibility Terhadap Return Saham: Studi Pada Perusahaan Peraih Penghargaan ISRA di BEI Tahun 2010-2012''. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univeristas Dian Nuswantoro.

Sartono, A. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.

Sembiring, E. R. (2006). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Maksi, 6(1), 69–85.

Shobirin, M. N. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Pasar Modal. E-Jurnal Akuntansi. 1(2), 1-20.

Sielvia, A. A. (2009). Pengaruh Dividen Inisiasi Dan Dividen Omisi Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 2(13), 113-128.

Sjahrial, D. (2010). Manajemen Keuangan. Mitra Wacana Media: Jakarta. Sujana, I. N. (2017). Pasar Modal Yang Efisien. Jurnal Pendidikan, 5(2), 33-69. Sunyoto, D. (2013). Metode Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama: Bandung.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan, Teori, Konsep, dan Aplikasi. Ekonisia: Yogyakarta.

Usman, D. (2018). Buktikan Kesuksesan Program, CSR Adaro Raih 3 Penghargaan Tingkat Global. Diakses tanggal 20 September. https://www.banjarmasin.tribunnews.com/gelaran-prestasi-adaro/

Utomo, A. S. (2019). Pengaruh CSR, ROI, ROE Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal PETA, 4(1), 82-94.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i1.9150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com