Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan indeks kompas 100)

Tomi Andrian, Dwi Risma Deviyanti, Yoremia Lestari Br. Ginting

Abstract


ABSTRAK

 

Tomi Andrian, Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Dibawah bimbingan ibu Dwi Risma dan Ibu Yoremia Lestari Ginting. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan indeks kompas 100) periode tahun 2017 dan 2018. Metode pemilihan sampel menggunakan metode sensus. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan spss 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV).

 

Kata kunci: Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROE), Nilai Perusahaan (PBV)

 


Keywords


Struktur Modal (DER); Profitabilitas (ROE); Nilai Perusahaan (PBV)

References


DAFTAR PUSTAKA

Afzal, Arie dan Abdul Rohman. 2012. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaanâ€. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 1, No. 2, hal. 09.

Afzal, Arie. 2012. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaanâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Agus, R. Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Ahmad, Rodini dan Herni, Ali. 2010. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2008). Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Brian Tritiadi, Etna Nur Afri Yuyetta. 2012. Analisis Perbedaan Pengaruh Informasi Laba dan Rugi Terhadap Koefisien Respon Laba. Diponegoro Journal of Accounting. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012

Brigham, E.F. and L.C. Gapenski., 2006, Intermediate Financial Management, 7th edition, Sea Harbor Drive: The Dryden Press.

Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston, 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Brigham, Eugene F., dan M. C. Ehrhardt, 2011. Financial Management: Theory and Practical. 13th edition. South-Western: Cengange Learning.

Damodaran, Aswath. (1994). Damodaran on Valuation, Security Analysis for Investment and Corporate Finance. Jhon Wiley & Sons Inc.

Darminto, dan Manurung, Adler Haymans. 2008. Pengujian Trade-Off Theory dan Pecking Order dengan Satu Model Dinamis pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis. Pp: 35-52.

Dewi ,Putu Yunita Saputri, dkk. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq 45 Di Bei Periode 2008-2012. Jurusan Akuntansi S1 Vol. 2 No. 1.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. ISSN:2302-8556. Vol. 4 No. 2.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Wirajaya, Ary. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Pada Nilai Perusahaanâ€. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Denpasar: Universitas Udayana.

Eka Lestari, Putu. 2010. Pengaruh Struktur Modal dan Kepemilikan Manajerial Serta Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Ekowati, Serra., Rusmana,O., Mafudi. 2012. Pengaruh Modal Fisik, Modal Financial, dan Modal Intelektual terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Universitas Jendral Soedirman.

Ernawati, Dewi. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Lavarage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. Vol. 4, No. 4 (2015).

Frank, M.Z., dan Goyal, V.K.2007. Trade-Off and Pecking Order Theories of Debt. Handbook of Corporate Finance, Vol. 2: Hal. 1-82.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. ANDI. Yogyakarta.

Hanafi, MM, 2008. Manajemen Keuangan Edisi Satu. BPFE, Yogyakarta.

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 10, No. 02, November 2008: 97-108.

Jusriani, Ika Fanindya. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jusriani, Ika Fanindya. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ISSN 2337-3806 Vol. 2 No. 2.

Jusriani, Ika Fanindya. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ISSN 2337-3806 Vol. 2 No. 2.

Jusriani, Ika Fanindya. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ISSN 2337-3806 Vol. 2 No. 2.

Kasmir. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi II. Kencana, Jakarta.

Mahardika, Bhagas Pratyaksa. dan Aisjah, Siti. 2014. Pengujian Pecking Order Theory dan Trade Off Theory pada Struktur Modal Perusahaan (Studi pada Perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Noviyanto, Dwi. 2008. Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio investor terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Jakarta tahun 2005-2007. Skripsi Universitas Negeri Malang.

Nurmayasari, Andi. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2007-2010). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Pantow , Mawar Sharon R. 2015. Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks Lq 45. ISSN 2303-1174 Vol. 3 No. 1.

Ramadiannur. Pengaruh Struktur Modal dan Peluang Pertumbuhan Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda

Safrida, Eli. 2008. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Santika, Rista B., dan Bambang Sudiyanto. 2011. Menentukan Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 3 (2): Hal. 172-182.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharli, Michell. 2006. “Studi Empiris Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal Maksi. Vol.6 No.1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Factor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan, Journal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Petra.

Uniariny, 2012. Pengaruh Struktur Modal Dan Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Van Horne, James C., Wachowicz J. R., dan John M. 2008. Fundamentals of Financial Management. Prentice Hall.

Weston J. F. & Copeland, Y. E. 1997. Management Keuangan, Alih Bahasa A Jaka Wasana dan Kibrandoko, Bima Aksara.

Yadnya dan Widyantari. 2017. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food dan Baverage di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi. Bali

Yudaruddin. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. INTERPENA, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v7i4.8997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com