Pengaruh transparansi, akuntabilitas dan pengendalian intern terhadap kinerja instansi pemerintah pada dinas perdagangan Kota Samarinda

Dhana Driyantama Putra, Cornelius Rantelangi, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini berfokus pada kinerja instansi pemerintah yang baik maka diperlukan transparansi, akuntabilitas, dan pengendalian intern yang baik pula agar kinerja instansi pemerintah memiliki kualitas yang baik dan memuaskan. Dalam upaya untuk memantapkan mekanisme transparansi dilakukan untuk mengoptimalkan pemberian pelayanan publik. Untuk akuntabilitas, diperlukan sistem pemerintahan yang bersih dan baik. Untuk pengendalian intern, semakin baik pengendalian maka akan semakin baik pula pelaksanaan kinerja instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transparansi, akuntabilitas dan pengendalian intern terhadap kinerja instansi pemerintah pada Dinas Perdagangan Kota Samarinda. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan pengumpulan data digunakan kuesioner. Dalam penelitian ini diambil sampel dari 52 responden dari Dinas Peradgangan Kota Samarinda. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, regresi linier berganda, dengan pengujian uji validitas data, uji reliabilitas data, uji asumsi klasik, uji kelayakan model F, koefisien determinasi dan uji hipotesis Data diolah dengan menggunakan perangkat Software Statical Product And Services Solution (SPSS) versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh terhadap kinerja pemerintah instansi pemerintah pada Dinas Perdagangan Kota Samarinda. Sementara, akuntabilitas dan pengendalian intern tidak berpengaruh terhadap kinerja instansi pemerintah pada Dinas Perdagangan Kota Samarinda.


Keywords


Transparansi; akuntabilitas; pengendalian intern; kinerja instansi pemerintah

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Bob Mustafa. 2009. Pengukuran Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 7 No 4.

Adrianto, Nico. 2007. Good Goverment : Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui 2 Govement. Palangkaraya : Bayu Media.

Andrianto, Nova. 2013. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Pada Dinas di Kota Bandung. Skripsi S1: Universitas Jember.

Aprilia, Liriyanti. 2010. Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Penerima Pendapatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pada Pemerintah Kota Bandung. Skripsi S1: Universitas Widyatama.

Astuti, M, Ratih. 2013. Pengaruh Akuntabilitas , Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Grobogan). Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta 2013.

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE.

Garini, Nadia. 2011. Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja İnstansi Pemerintah Pada Dinas Di Kota Bạndung. Skripsi. Bandung : FE UNICOM.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hafiz, Abdul Tanjung. 2010. Akuntansi, Transparansi, Keuangan Publik (Sebuah Tantangan dan Akuntabilitas).

Hasibuan, S.P. Maiayu. 2007. Organisasi dan Motivasi. Cetakan Kesepuiuh. Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara.

Hamidah, Aida Siti (2017). Pengaruh Pengendalian Intern Dan Pelaksanaan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Akuntansi. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/659/jbptunikompp-gdlaidasitiha-32945-1-unikom_a-f.pdf

Haspiarti. 2012. Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada Pemerintah Kota Pare-Pare). Makassar. Skripsi S1: Universitas Hasanudin.

https://disdag.samarindakota.go.id/struktur-organisasi

Keban, Yeremias. T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, teori dan isu. Yogyakarta. Gava Media.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan. 2005. Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Jakarta : PT. Sinar Grafika.

Krina L.P.L. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

LAN & BPKP, Akuntabilitas dan Good Governance, Penerbit LAN, 2000

LAN. 2003. SANKRI Buku I Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Negara. Lembaga Administrasi Negara. Jakarta

Mahmudi. (2007). Manajemen Sektor Publik. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi llmu Manajemen YKPN

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung : Refika Aditama

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mardiasmo. 2004. Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Govemance.

Martani, Dwi, dkk. 2014. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Cet. 1, (Jakarta : Salemba Empat,)

Mulyadi, 2002. Auditing, Buku Dua, Edisi Ke Enam. Jakarta: Salemba Empat.

Murwaningsari, Etty. 2009. Hubungan Corporate Govemance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance Dalam Satu Continuum. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 11, No. 1, Mei 2009: 30-41.

Nugroho, Wijayanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta, Erlangga.

Pamungkas, 2000. Teori Kepemimpinan dalam Manajemen. Yogyakarta: Armurita. Penerbit : Pustaka Pelajar.

Rahayu, Ibnianti. 2017. “Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Dan Good Governance Terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Empat Lawangâ€. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang.

Rambe, Syahrial. 2013. Pengaruh Persepsi Pegawai Terkait Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumutera Utara. Skripsi S1: Universitas Negeri Medan.

Ratiyas, Anis. 2010. Pengaruh Akuntabilitas ditinjau dari konsep Good Governance terhadap Peningkatan Kinerja Biro Humas, Protokol, dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Skripsi S1: Universitas Widyatama.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Salim, P. 1991. Kamus Bahasa Kontemporer. Jakarta : Modern English Fresh.

Sopanah dan Mardiasmo. 2003. Pengaruh Partisipasi Masyarakat dan Transparansi Kebijakan Publik terhadap Hubungan antara Pengetahuan Dewan tentang Anggaran dengan Pengawasan Keuangan Daerah, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VI 16 17 Oktober di Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suprayogi, Angga. 2010. Pengaruh Sistem Pengendalian Inten Pemerintah terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Skripsi Universitas Pasundan.

Toha, Suheman. 2007. Penelitian Masalah Hukum Tentang Penerapan Good Coorporate Govemance Pada Dunia Usaha. Badan Pembina Hukum Nasional Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tugiman, Hiro. 2004. Tantangan Profesional Audit Internal Auditor di Indonesia. Jakarta.

Wiguna, S, Budi. 2015. Pengaruh Pengawasan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng. Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i1.8966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com