Pengaruh dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Annisa Frita Rizky, Irwansyah Irwansyah, Ferry Diyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh dari dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2018. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi dewan komisaris independen (X1) adalah 0,00  < α = 0,05 maka dewan komisaris independen berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang berarti H1 diterima. Nilai signifikasi Kepemilikan manajerial (X2) adalah 0,00  < α = 0,05 maka kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang berarti H2 ditolak. Nilai signifikasi kepemilikan institusional (X3) adalah 0,01 < α = 0,05 maka kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang berarti H3 ditolak.


Keywords


Kinerja keuangan; dewan komisaris independen; kepemilikan manajerial; kepemilikan institusional

References


Amien, M. (2011). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Anton. (2012). Analisis Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Majalah Ilmiah Informatika, Vol 3, No.1.

Brigham, & Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajamen Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Fahmi, I. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ke-10. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ke-7, Universitas Diponogoro Semarang.

Gibson, M. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga, Jakarta.

Jensen, Michael.C., & W.H.M. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics, Vol 3, No 4.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan (Edisi 1). Kharisma Putra Utama, Jakarta.

Keputusan Direksi PT. Bursa Efek Jakarta Nomor. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang Peraturan Nomor I-A Tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Kep-117/M-MBU/2002 Tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Prahesti, Devi Sinta., & A.N. (2015). Pengaruh Resiko Kredit, Struktur Kepemilikan Dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Kinerja Keuangan Pada Industri Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, V.4,N.2.

Rini, T.S & Ghozali, I. (2012). Pengaruh Pemegang Saham Institusi, Komisaris Independen Dan Komite Audit Terhadap Tingkat 1 Profitabilitas Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 1 Nomor 1.

Tertius, Melia Agustina & C.Y.J. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Sektor Keuangan. Jurnal Akuntansi Bisnis, Universitas Kristen Petra, Vol 3, No.1.

Undang-Undang No.40 Tahun 2017 Tentang Perseroan Terbatas.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.8353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com