Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) Pada PT Salmont Javas Indonesia

Lupita Oktavia Dewi, Isna Yuningsih, Ferry Diyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh kesesuaian penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) pada penyajian laporan keuangan PT Salmont Javas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif, menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan teknik dokumentasi pada pengumpulan data. Alat analisis yang digunakan adalah Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Hasil wawancara menunjukan bahwa dalam pencatatan akuntansi, PT Salmont Javas Indonesia tidak menggunakan tenaga akuntan khusus namun dilakukan oleh sendiri oleh direktur utama. UMKM ini telah membuat laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan laporan arus kas pada tahun 2018. Dari hasil analisis ditemukan bahwa UMKM ini tidak mencatat persediaan bahan baku, tidak melakukan penyusutan pada aset tetap, tidak menghitung beban pajak, dan ditemukan beberapa kesalahan pada penyajian laporan keuangannya. Sehingga dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan SAK EMKM pada PT Salmont Javas Indonesia masih belum sesuai.

Keywords


SAK EMKM, Laporan Keuangan, UMKM

References


Budiarto, Rachmawan, Susetyo, H Putero, Hempri, Suyatna, Puji, Astuti, Harwin Saptoadi, M. Munif, Ridwan, Bambang, Susilo D. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Gajah Mada University Press: Yogyakarta. Diakses pada 31 Oktober 2019. Google Play Book.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Ikatan Akuntansi Indonesia: Jakarta.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2017). Perkembangan Data Usaha Mikro Kecil Menegah dan Usaha Besar Tahun 2016- 2017. Diakses pada 15 Desember 2019. http://www.depkop .go.id/data-umkm.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Presiden Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Presiden Republik Indonesia.

Ulfah, Ika F. (2016). Akutansi Untuk UKM. Kekata Group: Surakarta. Format Ebook: PDF.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Presiden Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i1.7817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com