Pengaruh restrukturisasi kredit dan dana pihak ketiga terhadap laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Lina Arina, Irwansyah Irwansyah, Yunita Fitria

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh restrukturisasi kredit dan dana pihak ketiga terhadap laba pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode penelitian yaitu kuantitatif  menggunakan data sekunder berupa situs resmi Bursa Efek Indonesia  pada periode 2014 hingga 2018 berupa Laporan Laba Rugi dan Catatan atas Laporan Keuangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi restrukturisasi kredit (X1) adalah 0,023 < α = 0,05 maka restrukturisasi kredit berpengaruh terhadap laba pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang berarti H1 diterima. Nilai signifikasi dana pihak ketiga (X2) adalah 0,002 < α = 0,05 maka dana pihak ketiga berpengaruh terhadap laba pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang berarti H2 diterima.


Keywords


restrukturisasi kredit, dana pihak ketiga, laba

References


Abdurrahman, A. (2011). Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan. Pradya Paramita, Jakarta.

Antara, I Gede Agus, I Wayan Bagia dan Wayan Cipta. (2014). Pengaruh Tabungan dan Kredit Bermasalah terhadap Laba pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD).e-Journal Bisma Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Manajemen Volume 2.

Dendawijaya, Lukman. (2013). Manajeman Perbankan. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Firdaus, Rachmat dan Maya, Ariyanti. (2009). Manajemen Perkreditan Bank Umum: Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasi Lengkap dengan Analisis Kredit. Alfabeta, Bandung.

Fitriyani. (2016). Pengaruh Non Performing Loan (NPL) terhadap Laba pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karanganyar Kantor Cabang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan Kesebelas, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Hasanudin, Mohamad dan Prihatiningsih. (2010). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga Kredit, NPL dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit BPR di Jawa Tengah. Jurnal Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Vol. 5 No. 1.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2014). PSAK 55 (Revisi 2014) : Instrumen Keuangan : Pengakuan dan Pengukuran. IAI, Jakarta.

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Teori Menuju Aplikasi. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Jath. (2013). Analisis Pengaruh Restrukturisasi Kredit terhadap Kredit Bermasalah (NPL) pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI.

Kasmir, (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008. PT. Raja Grapindo Persada, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v7i4.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com