Pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI)

Muhammad Reksi Suparna, Cornelius Rantelangi, Raden Priyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan property dan real estate. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 17 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018, sehingga diperoleh 85 data perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sementara itu, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal.

Keywords


Pertumbuhan perusahaan; ukuran perusahaan; profitabilitas; struktur modal

Full Text:

PDF

References


Alvareza, Argi dan Topowijono. (2017). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di BEI 2012-2015).

Angelina, Kadek, Irrine, Devita dan Mustanda, I, Ketut. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Pada Struktur Modal Perusahaan.

Brigham, Eugene, F dan Houston, Joel, F. (2013). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Dewa, Ayu, Intan, Yoga, Maha dan Sudiartha, Gede, Mertha. (2017) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan.

Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan: Teori dan Soal Jawab Bandung: ALFABETA.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh, M dan Halim, Abdul. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, Aderinda, K dan Irawan, Arif, Eka. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Study Kasus Pada Perusahaan Realestate Dan Property Yang Terdaftar Di BEI 2013-2015).

Harahap, Sofyan, Syafri. (2016). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Harjito, D, Agus dan Martono. (2013). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: EKONISIA.

Harmono. (2016). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartanto, Tony. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sektor Properti dan Real Estate periode 2010-2012. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Husnan, Suad dan Enny, Pudjiastuti. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Juliantika, Ni, Luh, Ayu, Amanda, Mas dan S, Made, Rusmala, Dewi. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Property Dan Realestate.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Martono, Nanang. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ningsih, Dewi, Winahyu. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal.

Prasasti, Nikita, Hayu. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan.

Prasetyorini, Bhekti, Fitri. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.

Rahmiati. Tasman, Abel dan Melda, Yulira. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013.

Sartono, Agus. (2017). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Seftianne dan Handayani, Ratih. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur.

Syamsuddin, Lukman. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni. (2015). Manajemen Keuangan: Teori Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i2.7755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com