Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing bagi wajib pajak

Yuliana Yuliana, Set Asmapane, Annisa Abubakar Lahjie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna terhadap penggunaan e-filing. Sistem untuk pelaporan pajak penelitian ini mengguakan metode survey dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 100 Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda. Alat analisis data menggunakan program regresi linier berganda yang didukung oleh SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persepsi kebermanfaatan, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing dalam melaporkan pajak. Namun, kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penggunaan e-filing.


Keywords


Persepsi kebermanfaatan; kemudahan penggunaan; kepuasan pengguna

Full Text:

PDF

References


Kirana, G. G. (2010). Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan e-Filing ( Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang). Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 1–145.

Laihad, R. C. Y. (2013). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 44–51. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1938

Mardatilla, A. (2018). "Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan terhadap Sikap Penggunaan E-Filing (Studi Kasus pada Wajib Pajak di PDAM Wonosari)". Skripsi Fakultas Ekonomi, universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9549

Noviandini, N. C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak di Yogyakarta. Jurnal Nominal, I(1), 15–22. https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/988

Nurjannah. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan terhadap Penggunaan Fasilitas E-Filing Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa secara Online dan Realtime bagi Wajib Pajak Badan di Dumai. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 4(1), 1828–1842. https://www.neliti.com/publications/122859/ pengaruh-persepsi-kebermanfaatan-persepsi-kemudahan-kepuasan-kecepatan -keamanan

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: WADE GROUP.

Prayitno, D. (2012) Cara Kiat Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Susmita, P. R., dan Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan, dan Penerapan E-Filing pada Kepatuahan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1239-1269. http: //ojs.ac.id/index.php/akuntansi/article/view15146

Syahnur, K. N. F. (2017). "Faktor-faktor yang memengaruhi minat wajib pajak dalam menggunakan fasilitas e-filing (studi kasus pada kantor pelayanan pajak Makassar Utara)". Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Hasanuddin Makassar. http://103.195.142.17/bitstream/handle/123456789 /24591/SKRIPSI%20LENGKAP -FEB-AKUNTANSI-KHAERUNNISA % 20NUR%20FATIMAH%20SYAHNUR_ 2.pdf?sequence=1

Wulandari, Y. M., Pratomo, S. A., dan Irwanto, W. S. (2016). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Penggunaan, Keamanan dan Kerahasiaan, dan Kenyamanan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 6(4), 366–382. http://www.journal.unwidha.ac.id/index.php/KIATBISNIS/article/viewFile/996/151




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i2.7721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com