Faktor–faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi

Lery Palario, Dwi Risma Deviyanti, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku memberikan pengaruh terhadap Minat mahasiswa akuntansi sebagai Konsultan Pajak. Variabel dependen penelitian ini terdiri dari Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku. Variabel independen penelitian ini adalah Minat. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 responden mahasiswa akuntansi tahun angkatan 2016 dan 2017. Data penelitian berasal dari data primer dan diukur menggunakan skala likert. Data penelitian yang diperoleh diolah menggunakan metode analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Sikap Terhadap Perilaku berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. (2) Norma Subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. (3) Kontrol Perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.


Keywords


Perilaku; norma subjektif; kontrol perilaku; minat; konsultan pajak

References


Atikah, Nur, dan Imam Salehudin. (2013). “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Perceived Behavior Control Terhadap Intensi Untuk Bekerja Di Perbankan Syariah.â€

Azwar, Syaifuddin. (2011). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DDTCNews. (2019). “Perkoppi: Peningkatan Jumlah Konsultan Pajak Akan Genjot Tax Ratio.†Diakses pada 8 Januari 2020. https:// news.ddtc.co.id/ perkoppi-peningkatan-jumlah-konsultan-pajak-akan-genjot-tax-ratio-17969?page_y=0.

Fadly, Boy, dan Nopencius Saragih. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi Di STIE IBBI Untuk Berkarir Di Bidang Perpajakan.†Jurnal Bina Akutansi IBBI 28 (1): 99–111.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenad Media Group.

Priskila, Leonitha, dan Paskah Ika Nugroho. (2018). “Determinan Minat Profesi Di Bidang Perpajakan.†Jurnal ULTIMA Accounting 10 (2).

Priyatno, Duwi. (2011). Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, Dewi, dan Andri Prastiwi. (2012). “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Sebagai Akuntan Publik : Aplikasi Theory Of Planned Behavior ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro ).â€

Syah, Asrofi Langgeng Noerman, dan Nurul Mahmudah. (2018). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Lulusan Teknisi Akuntansi Untuk Bekerja Di Bidang Perpajakan.†Jurnal MONEX 7. https://doi.org/ 10.1017/ CBO9781107415324.004.

Triehendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Vyrdha, Dhani, dan Anggraita Putri. (2019). “Studi Empiris Theory Of Planned Behavior Terhadap Intensi Mahasiswa Menjadi Akuntan†BAJ (Behavioral Accounting Journal) 2 (1).

Yasa, I Nyoman Putra, I.A Gede Danika Esa Pradnyani, dan Anantawikrama Tunggal Atmadja. (2019). “Peran Lingkungan, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Persepsi Mahasiswa Berkarir Di Bidang Perpajakan†Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; 11 (1): 81–8




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.7714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com