Analisis kinerja pelayanan dan keuangan pada UPT Puksesmas Baqa Samarinda Seberang

Rabiah Rabiah, Cornelius Rantelangi, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan dan Keuangan pada UPT Puskesmas Baqa Samarinda Seberang. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data kinerja pelayanan berdasarkan nilai rata-rata tertimbang dari Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Kepmenpan RI No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah dan kinerja keuangan berdasarkan pertumbuhan pendapatan dan perubahan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan UPT Puskesmas Baqa Samarinda Seberang tahun 2016 menunjukkan kualitas pelayanan sangat baik dengan nilai 98,375, tahun 2017 dengan kriteria sangat baik akan tetapi nilainya mengalami penurunan menjadi 81,032, kemudian tahun 2018 kembali meningkat menunjukkan kualitas pelayanan sangat baik dengan nilai 98,375. Adapun kinerja keuangan berdasarkan pertumbuhan ekonomi tahun 2016 sebesar 107,64%, tahun 2017 mengalami penurunan menjadi sebesar 77,76% dan terus mengalami penurunan di tahun 2018 menjadi -12,20%, sedangkan perubahan biaya pada tahun 2016 sebesar 332,31%, tahun 2017 mengalami penurunan menjadi sebesar 153,74% dan terus mengalami penurunan di tahun 2018 menjadi -11,49%.


Keywords


Pengukuran kinerja; kinerja keuangan; kinerja pelayanan; puskesmas; kualitas pelayanan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yunita. (2010). Anggaran Berbasis Kinerja penyusunan APBD secara Komprehensif. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.

Barnet, Chris. (2010). Measuring the Impact and Value For Money of Goevernance & Confict Programmers.

Departemen Dalam Negeri. 2004. Undang-undang Otonomi Daerah. Tamita Utama Jakarta.

Fransiska, Erni Dwi Pamungkas. (2010). Pengelolaan Anggaran dan Kinerja Puskesmas. Skripsi; Yogyakarta Universitas Sanata Dharma.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik, edisi revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Hariany. (2014). “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas XXXâ€. e-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 5, No. 2

Harjuna. (2016). Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Junaedi (2002). Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah daerah. KOMPAK, No.6, September.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, Jakarta

Kurniawan (2017). ’Pengukuran Kinerja Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard’. Skripsi; Universitas Mulawarman Samarinda.

Laode, Kadafi. (2014). Pengukuran Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Value For Money Pada Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang. Skripsi; Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Ketiga, Yogyakarta.

Mahsun, Mohamad. (2011). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik, Andi, Yogyakarta.

Maryudi. (2015). Kinerja Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Balanced Score Card. Skripsi; Universitas Negeri Semarang.

Moenir, H.A.S. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.

Munawir, 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Evaluasi dan Penilaian Kinerja.

Prasetia, Muhammad Yuga. (2016). Pengukuran Kinerja Pelayanan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Gayungan Surabaya. Skripsi; Surabaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rajagukguk, Tiur. (2017). Analisis Kinerja Puskesmas Parsoburan Siantar. Jurnal Ilmiah Methonomi Vol. 3 No.1.

Satria, G. R. (2013). Penilaian Kinerja Pelayanan Kantor Kelurahan Gateng. Skripsi; Surabaya Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.

Sinambella, Lijan P dkk. (2008). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Jakarta

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Yuhanda Rachmansyah Harjuna, 2016. “Pengukuran Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Darmo Surabaya†Skripsi; Surabaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Yunita Anggraini, 2010. “Anggaran Berbasis Kinerja, Penyusunan APBD Secara Komperhensif†UUP STIM YKPN, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i2.7682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com