Analisis pengaruh dewan komisaris independen, komite audit, dan asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba

Supri Adi, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Dan Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba. Penelitian ini dilakukan pada 20 perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia dan telah menerbitkan laporan keuangan pada periode 2016 hingga 2018. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari dewan komisaris independen, komite audit, dan asimetri informasi. Variabel terikat pada penelitian ini adalah manajemen laba. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2016-2018. Data yang digunakan berupa data sekunder dan merupakan jenis data kuantitatif. Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa dewan komisaris independen dan asimetri informasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan komite audit berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen.


Keywords


Dewan komisaris independen; komite audit; asimetri informasi

References


Aji, Bimo Bayu. (2012). “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesiaâ€, Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Alzoubi, E. S. S. dan Selamat, M. H (2012). “The Effectiveness of Corporate Governance Mechanisms on Constraining Earning Management: Literature Review and Proposed Frameworkâ€. International Journal of Global Business, Vol. 5, No. 1, pp. 17-35.

Dechow, Patricia M., et. Al. (1995). “Detecting Earning Management. The Accounting Review†Vol. 7, No 2, pp. 1995.

Jensen, Michael C. dan W.H. Meckling. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3(4).

Ningsaptiti, Restie. 2010. “Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Labaâ€. Semarang. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Wicaksono, A., Dan Hasthoro, H. A., (2014), “Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi pada perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia)â€. Efektif, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 5, No. 1, 31-47




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.7663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com