Pengaruh sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak

Novia Andriani, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah namun tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak tetap tidak maksimal. Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kota Sendawar, pada kota Sendawar banyak wajib pajak menganggap pelaporan pajak dirasa sangat sulit karena masih menggunakan cara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib orang pribadi yang terdaftar di KP2KP Sendawar. Berdasarkan data dari KP2KP Sendawar, sampai akhir tahun 2017 terdapat 27.246 WP OP yang termasuk wajib pajak efektif. Tidak semua jumlah tersebut menjadi obyek dalam penelitian ini guna efesiensi waktu dan biaya. Oleh sebab itu dilakukan pengambilan sampel. Penentuan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling.  Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survey dengan menggunakan media kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.


Keywords


Kepatuhan wajib pajak; sosialisasi pajak; kesadaran wajib pajak; kualitas pelayanan

References


Agustin, N. S., dan Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam. Measurement, 13 (1), 57–64.

Alfa, A.A. G., Rachmatin, D., dan Agustina, F. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square, Eurekamatika, 5 (2), 59-71.

Andreas, dan Savitri, E. (2015). The Effect of Tax Socialization , Tax Knowledge , Expediency of Tax ID Number and Service Quality on Taxpayers Compliance With Taxpayers Awareness as Mediating Variables. Procedia Social and Behavioral Sciences, 211, 163–169.

Bobek, D. D., dan Hatfield, R. C. (2003). An Investigation of the Theory of Planned Behavior and the Role of Moral Obligation in Tax Compliance. Behavioral Research in Accounting, 15, 13–38.

Burhan, H. P. (2015). "Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Persepsi Wajib Pajak Tentang Sanksi Pajak dan Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi ( Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kabupaten Banjarnegara )." Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Bwoga, H., Agus, Y., dan Marsyahrul, T. (2015). Pemeriksaan Pajak Di Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Dharma, G. P. E., dan Suardana, K. A. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1, 340–353.

Direktorat Jenderal Pajak, (2018). Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta: Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Faizin, M. R., Kertahadi, dan Ruhana, I. (2016). Pengaruh Sosialisasi, Pemahaman, dan Kesadaran Prosedur Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 9 (1), 1–9.

Herryanto, M., dan Toly, A. A. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Kegiatan Sosialisasi Perpajakan , dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax & Accounting Review, 1 (1), 124–135.

Jatmiko, A. N. (2006). "Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap

Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang)." Tesis MA, Universitas Diponergoro.

Kirana, G. G. (2010). "Analisis Pengaruh Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filling (Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang)." Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi 2011 (2011th ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Muhamad, M. S. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Jayapura). Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, 14, 69–86.

Mustikasari, E. (2007). Kajian Empiris Tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Perusahaan Industri Pengolahan Di Surabaya. Simposium Nasional Akuntansi X, 1–41.

Pitaloka, L. K., Kardoyo, dan Rusdarti. (2018). The Socialization of Tax as a Moderation Variable Towards the Taxpayer Compliance of Industrial Performer in Kudus Regency. Journal of Economic Education, 7 (1), 45–51.

Putri, K. J., dan Setiawan, P. E. (2017). Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18, 1112–1140.

Saad, N. (2014). Tax Knowledge, Tax Complexity and Tax Compliance : Taxpayers’ View. Procedia Social and Behavioral Sciences, 109 (1), 1069–1075.

Soemarso. (2007). Perpajakan Pendekatan Komprehensif. Jakarta: Salemba Empat.

Subarkah, J., dan Dewi, M. W. (2017). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17 (02), 61–72.

Tanilasari, Y., dan Gunarso, P. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitias Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan, 3 (1), 1–9.

UU KUP Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketigas Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

UU Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat Atas

Undang-Undang Nomor 7 Tahub 1983 Tentang Pajak Penghasilan.

Vinzi, V. E., Chin, W. W., Henseler, J., dan Wang, H. (2010). Handbook of Partial Least Squares Concepts, Methods and Applications. London: Springer Heidelberg Dondrecht.

Winerungan, O. L. (2013). Sosialisasi Perpajakan,

Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal EMBA, 1 (3), 960–970.

Wulandari, T. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jom FEKON, 2, 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.7533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License