Alternatif outsourcing atau memperkerjakan sendiri security

Happy Anisa Rengkung, Yana Ulfah

Abstract


Pengambilan keputusan merupakan suatu proses penalaran dengan mengolah masukan berupa informasi yang relevan menjadi keputusan atau tindakan tertentu guna mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu tujuan yang diharapkan dengan pengambilan keputusan adalah agar tercipta efisiensi biaya yang membawa keuntungan bagi perusahaan, salah satu efisiensi biaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan strategi outsourcing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keuntungan biaya kegiatan penunjang pada PT. Wijaya Sukses Sejahtera, yaitu dengan tetap menggunakan outsourcing seperti yang selama ini dilakukan atau dengan alternatif memperkerjakan sendiri bagi kegiatan penunjang. Penelitian ini mengunakan relevan cost atas biaya alternatif menggunakan outsourcing dan memperkerjakan sendiri, sehingga dapat dianalisis alternatif mana yang lebih menguntungkan bagi PT. Wijaya Sukses Sejahtera berdasarkan pada biaya relevan atas biaya setiap alternatif yang paling rendah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa alternatif menggunakan outsourcing yang layak dipilih oleh PT. Wijaya Sukses Sejahtera karena lebih menguntungkan daripada memperkerjakan sendiri security, berdasarkan hal tersebut maka penggunaan outsourcing yang dilakukan oleh PT. Wijaya Sukses Sejahtera sudah tepat.


Keywords


Biaya relevan; Outsourcing; Security

References


Ahmad, K. (2017). Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan (Revisi). PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Asmawan, A., Kristiyanto, D., Budiana, D., Andriyanto, M. R., & Rulyasri, N. (2014). Implemetasi Sistem Outsourcing Dalam Perusahaan. Bogor.

David, F. R. (2011). Strategic Management Concepts and Cases (13th Ed). Pearson Education, New Jersey.

Faiz, P. M. (2007). Outsourcing (Alih Daya) dan Pengelolaan Tenaga Kerja Pada Perusahaan: (Tinjauan Yuridis terhadap Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan). Retrieved from jurnalhukum.blogspot.com website: http://jurnalhukum.blogspot.com/2007/05/outsourcing-dan-tenaga-kerja.html

Gani, I., & Amalia, S. (2018). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Ekonomi dan Sosial (Revisi). ANDI, Yogyakarta.

Masruroh, Fernanda, F., & Wibowo, T. (2014). Analisis Efisiensi Biaya Terhadap Keputusan Penggunaan Outsourcing Bidang Cleaning Service dan Catering Pada PT Kuwera Jaya Jakarta. Journal The Winners, 15(13), 34–46.

Mella, P., & Pellicelli, M. (2012). The Strategies of Outsourcing and Offshoring. American International Journal of Contemporary Research, 2(9), 116–127.

Prawironegoro, D. (2005). Akuntansi Manajemen (Pertama). Diadit Media, Jakarta.

Ropikhin, E. (2010). Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Pembuatan Perjanjian Outsourcing dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sodikin, S. S. (2015). Akuntansi Manajemen (Kelima). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Yogyakarta.

Sujarweni, W. V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi (Pertama). Pustakabarupress, Yogyakarta.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian (Pertama). Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i2.7516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License