Pengaruh intellectual capital dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam sustainability report

Rendi Setiawan, Irwansyah Irwansyah, Annisa Abubakar Lahjie

Abstract


Sustainability report dalam mendukung gagasan sustainable corporation merupakan keseimbangan antara tujuan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan dengan tujuan sosial dan lingkungan sehingga perusahaan dapat beroperasi dalam periode jangka panjang dan mampu mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 sampai dengan 2017. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan memperoleh 24 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan situs web resmi perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report dengan koefisien positif 0,023 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan sustainability report dengan koefisien positif 0,007 dan nilai signifikansi 0,132 > 0,05.. Sustainability report dalam mendukung gagasan sustainable corporation merupakan keseimbangan antara tujuan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan dengan tujuan sosial dan lingkungan sehingga perusahaan dapat beroperasi dalam periode jangka panjang dan mampu mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report.

Keywords


Intellectual Capital; Ukuran Perusahaan; Sustainability Report

References


Bontis, N., Keow, W. C. C., & Richardson, S. (2000). Intellectual Capital and Business Performance in Malaysian Industry. Journal of Intellectual Capital.

Data Center Aid. (2017). Daftar Perusahaan yang menerbitkan Sustainability Report. https://datacenteraid.blogspot.com/2017/04/daftar-perusahaan-yang-menerbitkan-sr, diakses tanggal 30 Maret 2019.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Global Reporting Initiative (GRI). (2013). GRI-G4 Guidelines. https://www.globalreporting.org/resourcelibrary/Bahasa-Indonesian, diakses tanggal 28 Maret 2019.

Gozali, Adrian dan Saarce Elsye Hatane. (2014). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan Khususnya Di Industri Keuangan dan Industri Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012. Business Accounting Review.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis & `Akuntansi, Cetakan Pertama. Erlangga. Jakarta.

Martono dan Agus Harjito. (2010). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Yogyakarta. Ekonisia.

Pramelasari, Y. M. (2010). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Pulic, A. (2004). VAICTM – Intellectual Capital – Does It Create or Destroy Value?. Measuring Business Excellence, Vol. 8, No. 1, hal. 62-68.

Sembiring, Eddy Rismanda. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi. Solo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.7092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License