Peran perangkat desa dalam pengelolaan dana desa

Ahmad Sajili, Irwansyah Irwansyah, Anisa Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran perangkat desa kota bangun iii dalam pengelolaan dana desa, apakah telah berperan atau tidak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Sample dalam penelitian adalah seluruh perangkat desa kota bangun iii yang berjumlah 54 0rang yang terlibat dalam pengelolaan dana desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala guttman . Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran perangkat desa dalam melakukan pengelolaan dana desa dapat dikatakan sudah berperan, dapat di lihat pada pengelolaan dana desa. Pengelolaan dana desa di mulai dari tahap perencanaan, perangkat desa melakukan musyawara untuk membahas rencana pembangunan jangka menengah desa. Dalam pelaksanaan dana desa pengajuan pendanaan dana desa disertai dengan rab dan bendahara desa melakukan pembayaran sesuai dengan rab yang telah disetujui oleh sekretaris desa. Dalam penatausahaan penerimaan dan pengeluaran kas yang dilakukan oleh bendahara desa dilakukan menggunakan pembukuan yang dimasukan kedalam buku kas umum, buku pembantu pajak dan buku bank. Pelaporan dana desa mengenai dana yang digunakan dari tahap i, ii, dan iii. Dalam pertanggungjawaban perangkat desa mempertanggungjawabkan laporan realisasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja desa.


Keywords


Perangkat desa; dana desa

References


Mardiasmo, 2009, Akuntansi Sektor Publik, ANDI OFFSET. Yogyakarta

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi, Rajawali Pers. Jakarta

Ardi Hamzah. 2015. Tata Kelola Pemerintahan Desa: Menuju Desa Mandiri,

Sejahtera Dan Partisipatoris. pustaka. Bappenas. Surabaya.

Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang : Pengelolaan Desa Keuangan Desa

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang : Pemerintahan Desa

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sumpeno, Wahyudin. 2011. Perencanaan Desa Terpadu. Edisi Kedua. Reinforcement Action and Development. Banda Aceh

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sujarweni, V.Wiratama. 2015. Akuntansi Desa : Panduan Tata Kelola Keuangan Desa, Pustaka Baru, Yogyakarta

Akdon, dan Riduwan (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Dewa Ruci. Bandung

Muindro Renyowijoyo. 2013. Akuntansi Sektor Publik: Organisasi Non Laba. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sutrawati, Kadek. “Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Pudaria Jaya Kecamatan Moramo Tahun 2015” (Skripsi, Universitas Halu Oleo Kendari 2016).

Harahap, Nurlaila. “Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Studi Kasus Pada Desa Siundol Julu Kecamatan Sosopam Kabupaten Padang Lawas Tahun 2015” (Skripsi, UIN Sumatera Utara, 2016).

Hasniati. “Model Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa” dalam Jurnal Analisis dan Pelayanan Publik Vol. 2 No.1 Juni 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.7021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License