Pengaruh penerapan sistem informasi (si) terhadap kinerja individu

Irma Ariani, Hamid Bone, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sistem Informasi terhadap Kinerja Karyawan pada Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah IV Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang diambil merupakan data primer dengan menggunakan skala likert.Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan manajemen internal yang menggunakan Komputer dan menyediakan system informasi akuntansi secara langsung.Dalam penelitian ini sampe berjumlah 35.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan alatanalisis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pemanfaatan system informasi akuntansi, kualitas system informasi akuntansi,dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan variabel keamanan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Sistem informasi; kinerja individu

References


Anggraini, Trisye Yeni. (2011). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan Retail di Surabaya. STIE Perbanas,Surabaya.

Azhar Susanto, (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Lingga Jaya, Bandung.

Bodnar, G. H., & Hoopwood, W. S. (2000). Sistem Informasi Akuntansi (Terjemahan Amir Abadi Jusuf dan Tambunan).Salemba Empat, Jakarta.

Danufa, K. 2013. “Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Menggunakan Aplikasi GDO (Gaji Daerah Otonomi) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Syariat Islam Acehâ€.

Chusing, Barry E dan Hall, J.A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kesebelas, Salemba Empat,. Jakarta.

Diana Astuti dan Dharmadiaksa. 2014. Pengaruh efektivitas penerapan system informasi akuntansi, pemanfaatan dan kesesuaian tugas pada kinerja karyawan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol, No.2, Hal: 373-384.

Diana, A dan L, Setiawati. (2011). Sistem informasi akuntansi; perancangan, proses, dan penerapan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Eny Parjanti, Kartika Hendra,dan Siti Nurlela, (2014). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Gaya Kepemimpinan, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Kinerja Karyawan. Volume 12, No.1, ISSN: 1693-0827.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Balai Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indralesmana, K. W., & Suaryana, I. G. 2014. “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Nusa Penidaâ€. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 14-26.

Istianingsih dan Setyo Hari wijanto. (2008). “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi,Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan pengguna software Akuntansiâ€. Simposium Nasional AkuntansiIX, Pontianak. 23-24 juli 2008.

Jogiyanto. 2009. Sistem teknologi Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. ROSDA, Bandung.

Mahsun,Mohamad.,Firma Sulistyowati dan Heribertus Andre Purwanugraha.,(2007). Akuntansi Sektor Publik. BPFE, Yogyakarta.

Mulyadi.2016. Sistem Akuntansi: Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi, (2001). Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nako Natalie,2014. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Individu Pada BPKH. Jawa-Madura.

Romney, Marshall B dan Paul John Steinbart Alih bahasa oleh Safira dan Puspitasari. 2012. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat, Bandung.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2011). Accounting Information System (9th ed). Pearson Education, England.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i4.6914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com