Pengaruh aset pajak tangguhan, liabilitas pajak tangguhan, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Andi Amalia Anggraini, Iskandar Iskandar, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menguji serta mengetahui pengaruh aset pajak tangguhan, liabilitas pajak tangguhan, dan leverage terhadap manajemen laba. Penelitian ini berdasarkan pendekatan hipotesis biaya politik yang melatar belakangi perilaku oportunistik manajemen dan  juga berdasarkan teori akuntansi positif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di kumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. Data penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur pada periode 2013 – 2017. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 data laporan tahunan perusahaan manufaktur. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan model, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dan pengolahan data dibantu dengan software SPSS V 24.0. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa aset pajak tangguhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, liabilitas pajak tangguhan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan leverage berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap manajemen laba.

Keywords


Aset pajak tangguhan; liabilitas pajak tangguhan; leverage; manajemen laba

References


Afrizal, F. (2018). Pengaruh Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Riau, 1, 1–15.

Anasta, L. (2013). Analisis Pengaruh Deferred Tax Asset , Deferred Tax Liabilities dan Tingkat Hutang Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. Jurnal Tekun, 4(2), 250–270.

Chairunnisa, A. (2016). Pengaru Bonus Plan, Leverage dan Pajak Tangguhan Terhadap Earning Management. Universitas Pasundan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juni 2012. Salemba Empat, Jakarta.

Machdar, N. M. (2016). Pengaruh Liabilitas Pajak Tangguhan Terhadap Kualitas Laba dan Manajemen Laba Riil. Konferensi Ilmiah Akuntansi III.

Roychowdhury, S. (2006). Earnings Management Through Real Activities Manipulation. Journal of Accounting and Economics, 42, 335–370. https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2006.01.002

Scott, W. R. (2012). Financial Accounting Theory (Edisi 6). Librabry and Archives Canada Cataloguing, United States of America.

Susilo, R. (2015). Tersandung Skandal Akuntansi, Wakil Komisaris Utama Toshiba Mengundurkan Diri. Retrieved July 9, 2019, from Tribunnews.com website: http://www.tribunnews.com/internasional/2015/07/09/tersandung-skandal-akuntansi-wakil-komisaris-utama-toshiba-mengundurkan-diri.

Utami, N. (2016). Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Manajemen Laba. Universitas Sanata Dharma.

Waluyo. (2016). Akuntansi Pajak (Edisi 6). Salemba Empat, Jakarta.

Watts, Ross L, dan Zimmerman, J. L. (1986). Positive Accounting Theory. Prentice-Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Widiastuti, N. P. E., dan Chusniah, E. (2011). Analisis Aktiva Pajak Tangguhan dan Discretionary Accrual Sebagai Prediktor Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI. EconoSains, IX, 28–40.

Yolanda, A. E. W. (2018). Pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Liabilitas Pajak Tangguan, Struktur Modal, dan Arus Kas Operasi Teradap Manajemen Laba. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com