Proses akuntansi pengelolaan dana jimpitan

Suwondo Suwondo, Rusdiah Iskandar, Annisa Abubakar Lahjie

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses akuntansi pada pengelolaan dana jimpitan Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara RT. 19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif  yang digunakan untuk mengetahui proses akuntansi. Data yang digunakan data sekunder dan data primer, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini bermanfaat bagi Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara sebagai masukan mengenai proses akuntansi yang sebaiknya dilaksanakan, dan bermanfaat bagi pihak lain sebagai sumber informasi mengenai proses akuntansi yang dilaksanakan pada Institusi jimpitan  RT. 19 di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses akuntansi pada pengelolaan dana jimpitan Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara  RT. 19 belum sesuai dengan siklus akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari proses akuntansi (Menganalisis dan mencatat transaksi-transaksi ke dalam jurnal, Posting transaksi tersebut ke buku besar, Menyiapkan daftar saldo yang belum disesuaikan, Menyiapkan dan menganalisis data penyesuaian, Menyiapkan kertas kerja akhir periode (opsional), Membuat ayat jurnal penyesuaian dan posting ke buku besar, Menyiapkan daftar saldo yang disesuaikan, Menyiapkan laporan keuangan, Membuat ayat jurnal penutup dan posting ke buku besar, dan Menyiapkan daftar saldo setelah penutup). Proses akuntansi yang dilaksanakan oleh pengelolaan dana jimpitan Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara RT. 19 belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan proses akuntansi yang dimiliki oleh Institusi jimpitan terbatas.


Keywords


danajimpitan. prosesakuntansi

References


Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Bintarto Tjokroamidjojo, “Perencanaan Pembangunanâ€, (Jakarta: PT Gunung Agung, 1985), hlm. 22.

Budi Raharjo. 2007. Keuangan dan Akuntansi untuk Manajer Non Keuangan, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta..

Hanafi, Zamron Qomarullah. 2015. Kegiatan Jimpitan Ronda Sebagai Modal Ssosial Untuk Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, didownload dari: http://digilib.uin-suka.ac.id/

Harsono, W. (2014). Jimpitan, Modal Sosial yang menjadi Solusi Permasalahan Masyarakat. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik JKAP, 18(2), 131–145.

Hasym, M., & Pratama, O. G. P. (2014). Pelestarian Tradisi Uang Jimpitan di Lingkungan Dusun Ggepuh Lor, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(3), 151–154.

Harahap, Syafitri Sofyan. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

http://kaltim.tribunnews.com/2018/02/06/ada-10-titik-jalan-rusak-pemkot-samarinda-hanya-bisa-perbaiki-3-aja?page=2

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2015). Penyajian Laporan Keuangan . Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (Revisi 2015). DSAK-IAI. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2015). Laporan Arus Kas . Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 2 (Revisi 2015). DSAK-IAI. Jakarta.

Kieso, Weygandt and Paul D. Kimmel. 2011. Financial Accounting. IFRS Edition. Wiley. United States of America. 98

Muhammad, Rifqi. 2008. Akuntansi Keuangan Syariah, Konsep dan Implementasi PSAK Syariah. P3ei Press. Yogyakarta.

Nickel, William G., McHugh, James M., McHugh, Susan M. 2009. Pengantar Bisnis – Understanding Business. Buku 1. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Nur Indriantoro dan Bambang Soepomo. 2002. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Menejemen, Cetakan Kedua, BPFE, Yogyakarta.

Rahardjo, 2010. Pengantar Sosiologi Perdesaan dan Pertanian, Gadjah Mada University.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Ilmu Pengantar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Skousen, Fred Stice, Earl K., dan Stice James D. Terjemahan dalam bahasa Indonesia disahkan oleh Thompson Learning. 2001. Akuntansi Keuangan Menengah, Edisi Pertama, Dian Mas Cemerlang, Jakarta.

Soemarso S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1. Edisi Lima (Revisi). Salemba Empat, Jakarta.

Sofyan, Syafri Harap. 2005. Teori Akuntansi, Rajawali Pers, Jakarta.

Warren, S. Carl., James M. Reeve, dan Philip E. Fess. 2008. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia, Buku 1 Edisi 21. Salemba Empat. Jakarta.

Warren, S. Carl., James M. Reeve, Duchac, Jonathan E, Suhardianto, Novrys, Kalanjati, Devi S, Jusuf, Amir Abadi, dan Djakman, Chaerul D. 2014. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia, Buku 1 Edisi 25. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.6864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com