Analisis harga pokok produksi kain tenun

Ence Elis Anggraeni, Yunus Tete Konde, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini  yaitu mengatahui perhitungan harga pokok produksi sarung tenun kualitas satu dan kualitas dua Kelompok Usaha Bersama “Sejahtera Padaidi” dengan metode full costing. Untuk menghitung harga pokok produksi dengan metode full costing maka dengan mengalokasikan biaya bersama berdasarkan nilai jual relatif untuk mengalokasi biaya bersama. Hasil penelitian perbedaan harga pokok produksi dengan metode full costing yang dihasilkan dari perhitungan analisis sebesar Rp.18.965.433,00 dan untuk harga pokok produksi yang dihasilkan oleh Kelompok Usaha Bersama “Sejahtera Padaidi” sebesar Rp.18.629.054,00 adanya perbedaan dari selisih yang ditimbulkan, dikarenakan pemilik yang mengatakan biaya penyusutan tidak mempermasalahkan perhitungannya dan padahal biaya penyusutan perlu dihitung. Dampak penelitian menjadi pertimbangan untuk pihak pengusaha yang menempatkan usaha dengan gabungan antara untuk produksi dan kehidupan pemilik sehingga penentuan biaya overhead pabrik yang perlu diperhitungkan lagi dan alokasi biaya untuk masing-masing produk.


Keywords


Akuntansi biaya; metode full costing; metode nilai jual relatif

References


Bhimani, A., Horngren, C. T., Datar, S. M., & Rajan, M. V. (2015). Management and Cost Accounting (Sixth Ed). Pearson Publication. Harlow.

Dewi, S. P., & Kristanto, S. B. (2014). Akuntansi Biaya (Edisi 2). IN MEDIA. Bogor.

Drury, C. (2018). Management and Cost Accounting. (H. Close, Ed.) (10th ed.). Cengage Publication. Cheriton House, North Way.

Halim, A., Supomo, B., & Kusufi, M. S. (2013). Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial) (2nd ed.). BPFE-YOGYAKARTA Anggota IKAPI. Yogyakarta.

Kinney, M. R., & Raiborn, C. A. (2011). Cost Accounting: Foundations and Evolutions. (J. W. Calhoun, Ed.) (Eighth Ed). South-Western, Cengage Learning Publication. Mason, OH.

Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya (Edisi ke 5). UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 20.). ALFABETA. Bandung.

Supriyono, R. A. (2013). Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok (Edisi 2). BPFE-YOGYAKARTA. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.6856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License