Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja dan motivasi terhadap kualitas audit

Hendra Budiawan, Set Asmapane, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, dan motivasi terhadap kualitas audit BPK Provinsi Kalimantan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang bekerja di kantor BPK Provinsi Kalimantan Timur yang yang berjumlah 62 orang. Metode penelitian dalam ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan metode pemilihan sampel purposive sampling. Hasil Penelitian Pendidikan berpengaruh positif terhadap kualitas audit, artinya jika auditor memiliki kompetensi yang baik maka auditor akan dengan mudah melakukan tugas-tugas auditnya dan sebaliknya jika rendah maka dalam melaksanakan tugasnya auditor akan mendapatkan kesulitan-kesulitan sehingga kualitas audit yang dihasilkan akan rendah pula. Pengalaman tidak berpengaruh positif terhadap kualitas audit, artinya dengan semakin seringnya auditor melaksanakan tugas audit tidak menjamin menguasai pengetahuan akan standar audit yang memadai sehingga kepercayaan auditor semakin bertambah besar dan kualitas audit yang dihasilkan semakin baik. Motivasi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, artinya motivasi yang dimiliki oleh seorang auditor akan menjadikan auditor tersebut untuk bekerja lebih baik. Motivasi tergolong penting dikarenakan dapat memicu seseorang untuk menghasilkan tujuan tertentu

 


Keywords


Pendidikan; pengalaman; kerja; motivasi; kualitas; audit

References


Ayura. Dies Pra. 2013. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pendidikan Berkelanjutan, Komitmen Organisasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Aparat Pengawas Intern Pemerintah Pada Inspektorat Sumatera Barat. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Badjuri, Achmad. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Pemeriksaan Audit Sektor Publik (Studi Empiris pada BPKP Perwakilan Jawa Tengah). Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 1, No. 2. Hal : 130-135.

Bagus, 2014, Faktor-Faktor Penentu Jumlah Nilli Temuan Pemeriksan Dalam Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Batubara, Rizal Iskandar, 2008. Analisis Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Kecakapan Profesional, Pendidikan Berkelanjutan, Dan Independensi Pemeriksa Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan (Studi Empiris Pada Bawasko Medan). Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Dani. Taufik Rama. 2018. Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Sikap Profesional Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Inspektorat Kalimantan Timur. Skripsi. Universitas Mulawarman.

De Angelo. 1981. Auditor Independence, “Low Bailing” and Disclosure Regulation. Journal of Accounting and Economics 3. August.

Donald, McEachern Thomas, 2007. Competence of Personal in Prospective Theories. Journal Humas Resources Management.

Efendy, Muh. Taufiq. 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Gorontalo). Tesis: Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi IV. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jumaedi, Putu Gede. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal, Pengalaman Kerja,Tingkat Kualifikasi Profesi dan Etika Profesi Terhadap Kualitas Audit (Studi kasus pada Inspektorat di Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar). Jurnal Akuntansi Program S1. Universitas Ganesha.

Kovinna, Fransiska dan Betri. 2014. Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Kompetensi, dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Palembang). Jurnal Akuntansi. STIE MDP Palembang.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2017. Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Jakarta.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/05/M.PAN/03/2008. Jakarta.

Ramahdan. Dhuril, 2015. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan). Skripsi. Universitas Hasanudin. Makasar.

Sawyer, Lawrence B, Dittenhofer Mortimer A, Scheiner James H, 2006, Internal Auditing, Diterjemahkan oleh : Ali Akbar, Jilid 3, Edisi 5, Salemba Empat. Jakarta.

Subhan. 2012. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi Tehnis, Pendidikan dan Pelatihan Berkelanjutan dan Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan (studi pada Inspektorat Kabupaten Pamekasan), (Online), (http://fe.unira.ac.id/wp-content/uploads/2012/11/Makalah-I.pdf, diakses pada 16 April 2018).

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008. Jakarta.

Syamsidah. 2016. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, Pendidikan Berkelanjutan, Ukuran Organisasi dan Kompleksitas Pemerintahan Terhadap Kualitas Audit BPK RI (Studi Kasus pada Kementrian Lembaga TA. 2014). Tesis. Fakultas Bisnis. Universitas Lampung.

www.antikorupsi.org. Diakses tanggal 12 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.6848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License