Analisis laporan keuangan pada perusahaan rokok yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Mohammad Ervan, Isna Yuningsih, Yunita Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT Bentoel International Investama Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang garam Tbk dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data laporan keuangan dalam 3 periode yakni tahun 2015 hingga 2017 pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis rasio sebagai pengukur kinerja keuangan, yakni rasio likuiditas (Current Ratio dan Quick Ratio), rasio solvabilitas (Debt To Total Asset Ratio dan Debt To Total Equity Ratio), rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return On Assets dan Return On Equity), dan rasio aktivitas (Total Assets Turn Over dan Fixed Assets Turn Over). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dari empat perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia, PT HM Sampoerna Tbk memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan tiga perusahaan lainnya.



Keywords


Financial ratio analysis; financial performance; cigarette company

References


Brigham, dan Houston. 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Bursa Efek Indonesia. 2018. Laporan Statistik. Diakses pada 02 Oktober 2018. www.idx.co.id

Dhaneswari, Nadia dan Widuri. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi Ukuran Perusahaan dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Praktik Manajemen Laba di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2011. Tax & accounting Review 3(2).

Fahmi, I. 2011. Analisis laporan Keuangan, Alfabeta Bandung.

Fahmi, I. 2014. Manajemen keuangan dan Pasar Moodal, Mitra Wacana Media Jakarta.

Gunawan, Dkk. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Laverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terddaftar di Bursa Efek Indonesia. E Jurnal S1 3 (1).

Harahap, S. S. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan (Edisi kesebelas). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Margaretha, F. 2011. Manajemen keuangan untuk manajer nonkeuangan. Erlangga, Jakarta.

Munawir, S. 2016. Analisa laporan Keuangan Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Rahmawati, dan HikmahIs'ada. 2013. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Accounting Analysis Journal 2 (1).

Rendi. 2011. "Analisis Rasio Keuangan Sebagai Sarana Evaluasi Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Food and Beverage". Jurnal Ilmu Manajemen 1(7)

Sarah. 2017. "Analisis Kinerja Keuangan PT Rea Kaltim Plantations Samarinda." Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman

Sutrisno, H. 2017. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia, Yogyakarta.

Wahyuni, Sri. 2017. "Analisis Kinerja Keuangan Dinilai Dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas pada PT Penambang di Samarinda." Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman.

Yuriananda, Devita. 2017. "Analisis Kinerja Keuangan Rumah Sakit Islam di Samarinda." Skripsi Fakultas Ekonomi dan bisnis. Universitas Mulawarman.

Zuhri, M Saifudin. 2017. "Perbandingan Kinerja keuangan Industri Manufaktur Rokok Yang go Publik di Bursa Efek Indonesia Sebelum dan Sesudah Fatwa MUI." Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.6840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License