Pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia

Dewi Puspita, Dwi Risma Deviyanti, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah terhadap profitabilitas bank umum syariah. Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia dengan tahun penelitian 2010-2018.Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunkan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 8 perbankan syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, pembiayaan musyarakah berpengarih negatif dan signifikan sedangkan pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah di indonesia.


Keywords


Bank syariah; mudharabah; musyrakah; murabahah; profitabilitas

References


Ascarya. 2011. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta.: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Azhar, Ian dan Arim. 2016. “Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Non Performing Finance Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2012-2014")â€.Jurnal Aset (Akuntansi Riset) Vol. 8 No.1.

Bank Indonesia. 2007. Lampiran Surat Edaran Bank Indonesia No. 9/24/DPbS tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah. Diakses tanggal 05 Februari 2017.http://www.bi.go.id

Hakim, Fajar Lukman. 2013. “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Profitabilitas (ROE) dan Implikasi Perkembangan Sektor Riil Di Indonesia (Studi Kasus Pada BUS dan UUS di Indonesia Periode 2007-2011). Tugas Akhir. Keuangan Syariah Politeknik Negeri Bandung. Bandung.

Erzha, Eria Latifalia. 2016. “Pengaruh Pertumbuhan Pembiayaan Mudharabah, pembiayaan bagi hasil, pembiayaan Ijarah Terhadap Pertumbuhan Laba Bersih pada Bank Umum Syariah di Indonesiaâ€.Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Firdaus, Ahmad. 2009. Akuntansi Biaya, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi kedelapan. Semarang: Badan penerbit Universitas Dipenegoro.

Karim, Adiwarman. 2013. Bank Islam Analisis Fiqih dan

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono. 2011. Manajemen Perbankan. Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Nurhayati, Sri dan Warsilah. 2013. Akuntansi Syariah di Indonesia. Edisi 3.Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Puteri, Deasy Rahmi, Intan Mutia dan Emylia Yuniartie, 2014. “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Istishna dan Uiarah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesiaâ€.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Akuntansi Vol. 8. Palembang.

Rivai, Veithzal. 2010. ISLAMIC BANKING Sistem Bank Islam Bukan Hanya Solusi Menghadapi Krisis Namun Solusi Dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan Dan Ekonomi Globa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yaya, Rizal, Abdurahim dan Aji Erlangga. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Ziqri, Muhammad. 2009. “Analisis Pengaruh Pendapatan Mudharabah, Murabahah dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bankâ€. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Muhammad. 2014. Manajemen Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah (Strategi Memaksimalkan Return dan Meminimalkan Risiko Pembiayaan di Bank Syariah Sebagai Akibat Masalah Agency. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.6834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com