Pengaruh size, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI)

Zuli Purnawati, Hamid Bone, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah size, profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan laporan pengungkapan CSR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunkan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 38 perusahaan perbankan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa size dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan, sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.


Keywords


Size, Profitabilitas, Leverage, Pengungkapan CSR

References


Anggie, Ryan. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Mulawarman Samarinda.

Astri, Herlina. (2012). Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Jurnal Aspirasi, 3 No.2(8), 151–166. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v3i2.265

Aviantika, Rezki. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2010-2013). Universitas Widyatama Bandung.

Bramantya, Adya Cahya. (2010). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Bank Di Indonesia Periode Tahun 2007-2008). Universitas Diponegoro Semarang.

Dowling & Pfeffer. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational

Behaviour. Diakses pada 10 Juni 2019. https://www.jstor.org/stable/1388226?read_now=1&seq=1#metadata_info_tab_contents

Dwiyandra, Fischa Permata (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Leverage dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Online Mahasiswa FEB UNRI, 1 (1). 67-78.

Fadilah, Sri. (2009). Keberhasilan Kegiatan Corporate Social Responsibility Melalui Pengungkapan dan Audit Corporate Social Responsibility. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 2(2), 117–132.

Fahrizqi, Anggara. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. BPFE Universitas Diponegoro, Semarang.

GRI Standards. (2016). Amsterdam: Global Reporting Initiative (GRI).

G4 Pedoman Pelaporan Berkelanjutan. (2013). Amsterdam: Global Reporting Initiative (GRI).

Hamdani, Shifa Putri, dkk. (2017). Kepemilikan Saham Publik dan Return On Assets Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer (JRAK), 9(1), 47–54. https://doi.org/10.23969/jrak.v9i1.368

Hastuti, Nindri. (2016). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013 dan 2014). Universitas Negeri Yogyakarta.

ISO 26000:Guidance on Social Responsibility.(2018). Switzerland : iso.org

Kasmir. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajawali Pers, Jakarta.

Latuheru, Giovani Liebe. (2016). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Universitas Mulawarman Samarinda.

Permana, Virgiawan Aditya. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1002

Purnasiwi, Jayanti. (2011). Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Universitas Diponegoro Semarang.

Radyati, Maria. (2014). Suistainable Business dan Corporate Social Responsibility (CSR). CECT Trisakti University, Jakarta.

Rahmi, Elita. (2012). Standarisasi Lingkungan (ISO 26000) Sebagai Harmonisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Instrumen Hukum di Indonesia. Jurnal Inovatif, 4(5).

Rudito, Bambang & Femiola, Melia. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility). Rekayasa Sains, Bandung.

Salinding, Alice. (2016). Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur yang Telah Go Public dan Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013. Universitas Mulawarman Samarinda.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno. (2013).Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Ekonisia, Yogyakarta.

Titisari, Kartika Hendra, dkk. (2010). Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIII Purwakarta, 1–28.

Trisnawati, Rina. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan CSR Industri Perbankan di Indonesia. Jurnal Seminar nasional dan call for paper FEB UMS.

UUPT No.40 pasal 74 tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Presiden Republik Indonesia.

Wulandari, Ni Made Intan & Wiksuana, I Gusti Bagus. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen UNUD, 6(3), 1278–1311.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i2.6807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com