Analisis penerimaan pajak reklame

Muspirawati Muspirawati, Iskandar Iskandar, Raden Priyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah serta Bagaimana Laju Pertumbuhan Pajak Reklame selama Tahun 2013 – 2018. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis efektivitas, konribusi pajak reklame, dan laju pertumbuhan pajak reklame. Data yang diteliti adalah data realisasi penerimaan pajak reklame tahun 2012 – 2018, dan data target penerimaan pajak reklame dari tahun 2013 -2018 Hasil Penelitian menunjukkan Bahwa Tingkat Efektivitas Pajak Reklame Kota Samarinda dari Tahun 2013 – 2018 sangat Efektif dengan rata-rata mencapai 101% per tahun. Kontribusi pajak reklame rata-rata mencapai 2% per tahun. Dan Laju Pertumbuhan Pajak Reklame Kota Samarinda dari tahun 2013 -2018 tergolong sangat rendah dengan rata-rata 6,6%.


Keywords


Pajak reklame; efektivitas; kontribusi; laju pertumbuhan

References


Arsyad. Lincolin. (1999). Pengantar dan Pembangunan Ekonomi Daerah. BPFE Yogyakarta.

Benny, I. Wayan., Putra, Noviana., Sujana, Edy., & Purnamawati, I. Gusti. Ayu. (2017). Analisis Efektivitas Penerimaan dan Efisiensi Pemungutan Pajak Reklame Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gianyar Tahun 2014-2016, 1(2).

Herry, Purwono. (2010). Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Intan, Triski., Lengkong, Meylani., Ilat, Ventje., Wangkar, Anneke. (2015). Analisis Potensi dan Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame di Kota Bitung, 15(04), 89–99.

Kusuma, Dewi Septiana. (2015). Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame di Kota Salatiga, 43–54.

Nurhayati, Beta Ahok Alpa. (2018). Analisis Pajak Reklame Serta Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, (3), 1–4.

Nurulia, Chidyasari. (2017). Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surabaya, 1–24.

Mardiasmo. (2013). Perpajakan. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Rezlyanti Kobandaha., Heince. R. N. Wokas. (2016). Analisis Efektivitas, Kontribusi dan Potensi Pajak Reklame dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Mobagu, 4(1), 1461–1472.

Salman, Jumaili. Basuki. (2014). Efektivitas Pungutan pajak Reklame Terhadap Keuangan Daerah Kabupaten Batang Hari Tahun 2010-2014, (2008), 195–204.

Samudra, Azhari. Aziz. (2015). Perpajakan indonesia keuangan, pajak dan Retribusi Daerah. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Sarundayang, Markus Stenny. (2018). Analisis potensi dan efektivitas penerimaan pajak reklame diKota Manado, 13(2), 273–281.

Siahaan, P. Marihot. (2011). Pajak Daerah dan Retribusi. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Suryani, Kustiyah. Eny. &. (2015). Efektivitas Pajak Reklame Terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta, 12(02).

Triantoro, Arvian. (2010). Efektifitas pemungutan pajak reklame dan kontribusinya terhadap penerimaan pajak daerah di kota bandung, 1–24.

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia Edisi 10 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Widyaningsih, Aristanti. (2007). Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Kota Bandung Periode Tahun 2001 - 2007, 2007, 1–12.

Wijayanti Reka., Shodiq Askandar, Noor., & Amin, Moh. (2017). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang (Studi Kasus di Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang), 14–27.

https://bapenda.samarindakota.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i4.6617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License