Implementasi corporate social responsibility pada perusahaan perkebunan kelapa sawit

Rehulina Rehulina, Irwansyah Irwansyah, Yunita Fitria

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan CSR pada PT Telen Prima Sawit. Data penelitian ini merupakan hasil pengamatan di lapangan, melalui wawancara pada 3 informan yang berkaitan dengan PT Telen Prima Sawit, yaitu: Kepala CSR, Staf CSR dan Kepala Desa Batu Balai. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode analisis data oleh Miles and Huberman untuk menganalisis data kualitatif. Metode analisis ini dilakukan dengan cara: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Telen Prima Sawit menerapkan CSR-nya dalam bentuk program-program CSR baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan bermitra bersama masyarakat dan pemerintah. Dana CSR bersifat fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengeluaran untuk kegiatan CSR diakui dan dicatat sebagai biaya CSR. Penerapan CSR bergantung pada kebijakan perusahaan. Hal ini dikarenakan belum adanya standar yang menjadi acuan bagi program, pelaksanaan, dana, pengakuan atas pengeluaran CSR, serta pelaporannya. Konsekuensinya, CSR diterapkan secara berbeda oleh PT Telen Prima Sawit.

 


Keywords


Implementasi; Corporate Social Responsibility; Kebijakan Perusahaan

References


Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Edisi 1. Rajawali Pers. Jakarta.

Anonim. 2018. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan#cite_ref-3 (akses 1 oktober 2018).

Anonim. 2017. Komoditi Kelapa Sawit di http://disbun.kaltimprov.go.id/komoditi-8-kelapa-sawit.html (akses 9 April 2018).

Effendi, Rizal. 2014. Accounting Principles: Prinsip-Prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP. Rajawali Pers. Jakarta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. ALAT ANALISIS DATA: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan sosial, Edisi 1. CV ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility (CSR), Edisi 1. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan, Edisi 1. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Jusup, Al. Haryono. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid 1. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility). Alfabeta. Bandung.

Raharja, Harli Berto. 2011. Studi Implementasi Corporate Social Responsibility Usaha Pengolahan Kayu di CV. Mertadinata. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€. Jawa Timur.

Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communication A Framwork for PR Practitioners, Edisi 1. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Saraswati, Yuko Sekar. 2014. Implementasi dan Pelaporan CSR : Strategi Bisnis atau Tanggung Jawab Moral (studi kasus pada praktik CSR PT Djarum). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Diponegoro. Semarang.

Sari, Winda Dwi Novita. 2014. Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Masyarakat Di Lingkungan Sekitar Perusahaan : Studi Kualitatif. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. 3 (1): 1-18.

Subarsono, AG. 2015. Analisis Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sumual, Risdianto. 2015. Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility pada PT Cargill Indonesia Amurang. Skripsi Politeknik Negeri Manado. Sulawesi Utara.

Sugiyono. 2013a. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

. 2013b. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (UUPM).

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah konsep dan aplikasi CSR. Fascho Publishing. Gresik.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.6571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com