Faktor- faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan sistem informasi akuntansi dengan menggunakan technology acceptance model (tam)

Samira Ulfah, Irwansyah Irwansyah, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui faktor-faktor apa saya yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan SIMDA dengan menggunakan TAM di kantor BPKAD provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuisioner dengan Skala Likert. Untuk pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (SmartPLS). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: Persepsi kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan; Persepsi kegunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap menggunakan SIMDA; Persepsi Kemudahan Berpengaruh secara Positif dan signifikan terhadap Sikap menggunakan SIMDA; Sikap menggunakan SIMDA berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat menggunakan SIMDA; Persepsi Kegunaan  berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat menggunakan SIMDA; Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat menggunakan SIMDA.


Keywords


SIMDA;TAM; persepsi kemudahan; persepsi kegunaan; sikap; minat

References


Abdillah, Dr. Willy dan Prof. Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. 2019. Sejarah Pembentukan. Samarinda.

Bodnar, G. H., & Hopwood, william . S. 2010. Accounting Information Systems (10th ed.). united states of america: prentice hall.

Buda Utama, I., & Sadha Suardikha, I. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Lembaga Perkreditan Desa. Bali: E-Jurnal Akuntansi, 9(3), 728–746.

Dasaratha V Rama, & Jones, F. L. 2008. sistem informasi akuntansi (18th ed.). jakarta: salemba empat.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. University of Minnesota: MIS Quarterly, 13(3), 319.

Deputi pengawas bidang penyelenggaraan keuangan daerah. 2008. Pengenalan sistem informasi manajemen daerah (simda). Jakarta: Badan pengawas keuangan dan pembangunan (Online). (http://www.bpkp.go.id/sakd/konten/333/Versi-2.1.bpkp, diakses 16 mei 2018).

Ermawati, N., & Delima, Z. M. 2016. PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEGUNAAN, dan PENGALAMAN TERHADAP MINAT WAJIB PAJAK MENGGUNAKAN SISTEM E-FILING. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163–174.

Imam Ghozali.2014. Structural Equation Modeling Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) dilengkapi Software SmartPLS 3.0. XIstat 2014 dan WarPLS 4.0. Edisi 4. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kartika, shinta eka. (2009). analisis proses penerimaan sistem informasi icons dengan menggunakan TAM pada karyawan PT BNI Tbk di kota semarang. Skripsi UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2(5), 84.

Loggar Bhilawa. 2010. Analisis Penerimaan Mobile Banking (M-Banking) dengan Pengalaman (experience) Sebagai Variabel Eksternal dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). SKRIPSI Universitas Sebelas Maret Surakarta, 13(3), 59.

Muhammad, A. 2010. Analisis Penerimaan Komputer Mikro Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Kantor Akuntan Publik (Kap) Di Jawa Tengah Skripsi. Jurnal STIE Semarang, 3(2), 47–73.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 65 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Sistem Informasi Keuangan Daerah. Departemen Keuangan Republik Indonesia.(www.hukumonline.com/pusatdata/downloadfile/lt4d05d52f8fe7a/.../lt4d05d4c59c10d, diakses 16 mei 2018 )

Peraturan Menteri Dalam Negeri No 64 Tahun 2013 Tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah. Departemen Keuangan Republik Indonesia. (Online). (https://staff.blog.ui.ac.id/martani/.../Permendagri-Nomor-64-Tahun-2013_243_1.pdf, diakses 16 mei 2018)

Ratsidyaningtyas, azzilizza febri., Kartika, & Andriana. 2016. Analisis Penerimaan e-Faktur Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model pada Pengusaha Kena Pajak ( Studi Empiris pada Pengusaha Kena Pajak yang Terdaftar Menggunakan e- Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember ) Receptions Analyze of e-Invoi. Jember: Artikel Ilmiah Mahasiswa, (1), 7.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ketiga. Bandung: CV. Alfabeta.

Yuadi, I. (2009). Analisis Technology Acceptance Model terhadap Perpustakaan Digital dengan Structural Equation Modeling. Departemen Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 20.

Yusman. (2013). Analisis Sistem Informasi Keuangan Daerah dengan Menggunakan Technology Acceptance Model pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai. Skripsi Universitas Hasanuddin, 107.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com