Pengaruh rasio capital adequacy ratio, biaya operasional pendapatan operasional, non performing loan, dan loan to deposit ratio terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar d ibursa efek indonesia

Eka Noor Reza, Irwansyah Irwansyah, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Profitabilitas Perbankan yang diproksikan dengan ROA. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Tahunan dari website masing-masing Bank Umum Tahun 2014-2017. Jumlah sampel sebanyak 14 bank umum yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia dengan periode 2014-2017 yang diambil melalui purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CAR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA serta variabel NPL memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA dan variabel LDR memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROA. Sementara variabel BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi dari kelima variabel independen terhadap ROA adalah sebesar 21,3% yang ditunjukkan dari besarnya adjusted R2, sisanya sebesar 78,7% dijelaskan oleh variabel lainnya di luar model penelitian.


Keywords


CAR, NPL, LDR, BOPO, dan ROA

References


Adyani, Lyla Rahma. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Ali, Masyhud. 2004. Manajemen Risiko:Strategi perbankan dan Dunia Usaha menghadapi tantangan globalisasi bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Bank Indonesia. 2012. Statistik Perbankan Indonesia Bulanan (Juli 2012). www.bi.go.id

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Idroes, Ferry. 2008. Manajemen Risiko Perbankan, Pemahaman Pendekatan 3 Pilar Kesepakatan Basel II, Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mawardi, Wisnu. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia ( Studi kasus Pada Bank Umum dengan total Asset Kurang Dari 1 Triliun). Jurnal Bisnis Strategi, (Online), Vol. 14, No. 1, (http://isjd.pdii.lipi.go.id , diakses 11 Oktober 2012).

Munawir, S. 2014. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Peraturan Bank Indonesia No.5 / 8 / PBI / 2003, Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum.

Riyadi, Selamet. 2004. Banking Assets and Liability Management. Jakarta: Lemabaga Penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Siamat, Dahlan. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ketiga. Jakarta: Lemabaga Penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudiyatno, Bambang. 2010. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR dan LDR terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2008. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan Vol.2 No 2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alvabeta.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Andi

Surat Edaran Bank Indonesia No 6/73/Intern DPNP tgl 24 Desember 2004, Perihal Pedoman Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum (CAMELS Rating), Bank Indonesia, Jakarta.

Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 1998

Yuliani. 2007. Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas pada sektor Perbankan yang Go Publik di BEJ Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol. 5 No 10.Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i2.6340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)