Pengaruh dana pihak ketiga (dpk), capital adequecy ratio (car), dan loan to deposit ratio (ldr) terhadap profitabilitas

Aniari Aniari, Sri Mintarti, Anisa Kusumawardani

Abstract


Dana Pihak Ketiga dan Capital Adequecy Ratio serta Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas pada Bank  BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2011-2017 dibawah bimbingan Sri Mintarti dan Anisa Kusumawardhani. Penelitian ini dilakukan untuk  menguji pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Capital Adequecy Ratio serta Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam jangka waktu penelitian selama 7 tahun (2011-2017). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dengan level of significane 0,05 atau 5%. Selain itu digunakan uji kelayakan model (Uji F) dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Melalui pengujian dapat diketahui bahwa Dana Pihak Ketiga berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets, artinya hipotesis pertama diterima. Capital Adequecy Ratio diketahui bahwa tidak  berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets, artinya hipotesis ditolak. Loan to Deposit Ratio diketahui bahwa tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets yang berarti hipotesis ketiga ditolak. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap ROA sebesar 59,5%. Sedangkan sisanya 40.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar model penelitian.


Keywords


Dana pihak ketiga; capital adequecy ratio; loan to deposit ratio; return on assets

References


Claudya, Ercha. 2016. Pengaruh Pemberian Kredit dan Risiko Kredit Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Bank Swasta Nasional yang Go Public di Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Darmayanti, Ni Putu Ayu dan Prasetyo, Dwi Agung. 2015. Pengaruh Risiko Kredit, Likuiditas, Kecukupan Modal Dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas.Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol 4, No.9.

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat.Cetakan Kedua. Penerbit UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan.Cetakan ke-5.Raja Grafindo. Jakarta.

_____. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada.Jakarta.

Martono. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. EKONISIA. Yogyakarta.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Pustaka Setia. Bandung.

Rahmi, Ceria Lisa. 2014. Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas dan Risiko Tingkat Bunga terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Skripsi Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YPKP.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.6327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com