Faktor-faktor yang mempengaruhi kualita laporan keuangan organisasi pengelola zakat (opz) di provinsi kalimantan timur

Willy Maratama, Isna Yuningsih, Yunita Fitria

Abstract


Willy Maratama. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Provinsi Kalimantan Timur. Dosen Pembimbing Hj. Isna Yuningsih dan Yunita Fitria. Penelitian ini dilakukan pada OPZ yang terdaftar dan resmi di Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah kompetensi SDM, penerapan PSAK 109, pemanfaatan TI dan pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan OPZ. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 57 responden dengan metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data yang terkumpul diolah menggunakan program WarpPLS 6.0. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan OPZ. (2) Penerapan PSAK No. 109 berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan OPZ. (3) Pemanfaatan TI berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan OPZ. (4) Pengendalian Internal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan OPZ.


Keywords


Sumber daya manusia;psak 109;teknologi informasi;pengendalian internal;kualitas laporan keuangan

References


Addawiyah, Rabiyatul. (2018). Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 109 Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah Pada BAZNAS Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Apriliani, Eka, Jayanto, Prabowo Yudo. (2017). Analysis of Determinant of Financial Statements Quality of Amil Zakat Agencies in Semarang City. Accounting Analysis Journal, 5, (2), 264-276.

Darisah, Salma Risyda. (2018). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan PSAK No. 109 tentang Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat di Kota Bandung). Prosiding Akuntansi, 4, (1), 451-457.

Ghozi, Fahrul. (2018). Wawancara oleh Siti Khairiyah. RRI, 30 Mei. Diakses pada 6 Juni 2019. http://www.rri.co.id/samarinda/post/berita/533772/sosial_dan_budaya/baznas_kaltim_datangkan_pakar_zakat_dari_sudan_dan_malaysia_untuk_optimal_zakat.html

Mokoginta, Novtania, Lambey, Linda, Pontoh, Winston. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12, (2), 874-890.

Nasrullah, Nizar. (2014). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Standar Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah (PSAK No. 109) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Diakses pada 4 September 2018. https://anzdoc.com/pengaruh-kompetensi-sumber-daya-manusia-dan-penerapan-standa.html.

Nurhayati, Nunung. (2014). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan Terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat (BAZ di Jawa Barat), Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 4, (1), 577-584.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2017. Standar Akuntansi Keuangan Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Kristin, Ari, Umah, Umi Khoirul. (2011). Penerapan Akuntansi Zakat Pada Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Pada LAZ DPU DT Cabang Semarang). VALUE ADDED, 7, (2), 68-97.

Mujahidi, Khairul. (2016). Analisis Penerapan PSAK 109 Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Pada Baitul Maal Hidayatullah Cabang Malang). Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Setyowati, Lilis. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Semarang, KINERJA, 20, (2), 179-191.

Setiawan, Amin. (2016). Eksplorasi Pemahaman Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Terhadap PSAK No. 109 (Studi Pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Susanti, Hasanah. (2015). Pengeluaran Pemeliharaan Aset Tetap PT. Pupuk Kalimantan Timur Divisi Jasa Pelayanan Pabrik di Kota Bontang, Akuntabel, 12, (2), 132-155.

Wati, Kadek Desiana, Herawati, Nyoman Trisna, Sinarwati, Ni Kadek. (2014). Pengaruh Kompetensi SDM, Penerapan SAP, dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah, ejournal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2, (1), 1-11.

Yadiati, Winwin, Mubarok, Abdullah. (2017). Kualitas Pelaporan Keuangan (Kajian Teoritis dan Empiris). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v6i2.6308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)