Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Tekstil yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Sarah Ayu Isdiansyah, Rande Samben, Ledy Setiawati

Abstract


Sarah Ayu Isdiansyah, 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh: Bapak Rande Samben sebagai pembimbing I dan Ibu Ledy Setiawati sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, likuiditas, dan solvabilitas terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dari 18 perusahaan diperoleh sampel perusahaan sebanyak 6 perusahaan dengan 6 tahun pengamatan, sehingga jumlah data yang diperoleh yaitu sebanyak 36 data amatan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari situs www.idx.co.id. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perputaran modal kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas, (2) likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, dan (3) solvabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas.


Keywords


Profitabilitas; Perputaran Modal Kerja; Likuiditas; Solvabilitas

References


Anggarsari, Lovi. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Jurnal Ilmu Manajemen Vol.6 No.4. Universitas Negeri Surabaya.

Anggraini. (2018). Analisis Rasio Keuangan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Perusahaan Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016. Skripsi. Universitas Muria Kudus.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Salemba Empat, Jakarta.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. www.idx.co.id diakses pada tanggal 5 April 2018.

Harahap, S. Syafri. (2011). Teori Akuntansi Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harjito, Agus & Martono. (2011). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Ibrahim, Faizal Taufik. (2015). Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2013). Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kalimantan Bisnis. Industri Tekstil : Ekspor Lampaui Target. www.kalimantan.bisnis.com diakses pada tanggal 18 Februari 2019.

Kemenperin. Ekspor Industri TPT Semakin Menanjak, Surplusnya Ikut Melonjak. www.ikta.kemenperin.go.id diakses tanggal 18 Februari 2019.

Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Wahyuliza, Suci & Nola Dewita. (2018). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Benefita 3(2). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim, Sumatera Barat.

Yanto, Yuli. (2013). Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Skripsi. Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i1.6235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com