Determinan proporsi dana tabarru' pada lembaga keuangan asuransi umum syariah

Rahmat Nugraha, Siti Masyithoh, Dhina Mustika Sari

Abstract


Rahmat Nugraha. Determinan Proporsi Dana Tabarru’ Pada Lembaga Keuangan Asuransi Umum Syariah. Dibimbing oleh Ibu Siti Masyithoh selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dhina Mustika Sari selaku dosen pembimbing II. Sistem pemisahan dana dalam pengelolaan keuangan perusahaan asuransi umum syariah adalah sebuah keharusan. Sebagaimana tujuan dari sistem pemisahan dana adalah memisahkan aset dan liabilitas kelompok dana tabarru’ (dana tolong menolong) dari kelompok dana perusahaan. Sejak peserta membayar kontribusi (premi) pemisahan dana sudah dilakukan. Kontribusi (premi) dipisah menjadi dana tabarru’ dan ujrah (fee untuk operator/perusahaan). Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel determinan proporsi dana tabarru’ pada perusahaan asuransi umum syariah. Penelelitian dilakukan pada semua perusahaan asuransi umum syariah, baik dalam bentuk perusahaan islam penuh maupun unit usaha syariah. Metode purposive sampling digunakan untuk penentuan sampel penelitian ini. Periode penelitian dilakukan pada tahun 2014 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari variabel klaim, kegiatan reasuransi, biaya komisi, dan biaya administrasi umum yang berpengaruh singnifikan hanya kegiatan reasurani terhadap proporsi dana tabarru’.

Keywords


Pemisahan dana; Proporsi Dana Tabarru'; Ujrah; Premi

References


Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 18/PMK.010/2010 tentang Penerapan Prinsip Dasar Penyelenggaraan Usaha Asuransi dan Usaha Reasuransi dengan Prinsip Syariah. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Jakarta.

Puspitasari. N. 2011. Sharia’ Split Fund Theory sebagai Refleksi Praktik Pemisahan Dana Bisnis Asuransi Umum Syariah. Disertasi, Universitas Brawijaya.

___________ 2015. Manajemen Asuransi Syariah. UII Press. Yogyakarta.

Rianto, Nur. 2012. Lembaga Keuangan Syariah Suatu Kajian Teoritis Praktis. Pustaka Setia. Bandung.

Risma Kartika, Dina Fitrisia S. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kontribusi Peserta Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com