Analisis perlakuan akuntansi aset bersejarah (studi fenomenologi pada museum mulawarman di tenggarong)

Monalisa Monalisa, Agus Iwan Kesuma, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian mengenai fenomena perlakuan akuntansi dalam konteks pengakuan, penilaian, dan pengungkapan pada pengelolaan Aset Bersejarah Museum Mulawarman di Tenggarong. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna aset bersejarah, menjelaskan metode yang digunakan untuk menilai aset bersejarah, dan menganalisis kesesuaian standar akuntansi yang berlaku dengan akuntansi yang diterapkan untuk Museum Mulawarman saat ini, dalam mengungkapkan aset bersejarah pada laporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para informan memahami aset bersejarah sebagai aset yang memiliki nilai sejarah, budaya, pendidikan dan lainnya yang bersifat khusus serta harus diperlakukan secara khusus juga. Pihak pengelola Museum Mulawarman masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian pada aset bersejarah. Selain itu, aset bersejarah yang ada di Museum Mulawarman dinilai belum sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan oleh pemerintah, karena tidak semua aset diungkapkan dalam Laporan keuangan, dan belum dilakukan mutasi terkait catatan aset tersebut dari Dinas Pariwisata kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Keywords


Akuntansi; Aset Bersejarah; Pengakuan; Penilaian; Pengungkapan; Laporan Keuangan.

References


Act Accounting Policy. 2009. Heritage and Community Assets: Measurement of Heritage and Community Assets.

Agustini, Asia Tri. 2011. Arah Pengakuan, Pengukuran, Penilaian, dan Penyajian Aset Bersejarah dalam Laporan Keuangan pada Entitas Pemerintah Indonesia (Studi Literatur). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Jember.

Aversano, Natalia dan Cathrina Ferrone. 2012. The Accounting Problem of Heritage Assets. Advanced Research in Scientific Areas.

Aversano, Natalia dan Christiaens Johan. 2012. Govermental Financial Reporting of Heritage Assets in The Perspectiveof User Needs. Social Sciense Research Network.

Bahtiar, A. 2002. Akuntansi Pemerintahan. Salemba Empat, Jakarta.

Barton, Allan D. 2000. Accounting for public heritage facilities – assets or liabilities of the government?. Accounting, Auditing & Accountability. Journal., 13(2), 219 – 236.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. 1975. Introduction to Qualitative Research Method. John illey and Sons. New York.

Carnegie, G D dan Wolnizer, P. W. 1999. The financial value of cultural, heritage and scientific collections: an accounting fiction. Australian Accounting Review, 5(9), 31–47.

Financial Reporting Statements (FRS) 30. 2009. Heritage Assets. Accounting Sandards Board United Kingdom.

Generally Recognised Accounting Practice (GRAP). 2011. National treasury. Departement National Treasury Republic of South Africa.

Halim, Abdul. 2012. Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat. Jakarta.

Hooper Keith, Keith Kearins, dan Ruth Green. (2005). “Knowing the price of everythink and the value of nothink : Accounting for heritage assets.” Accounting, Auditing & Accountibility Journal., 18(3), 410–433.

Horngren, Charles T, Foster, George, & Datar, Srinkant M. (2000). Cost Accounting : A Managerial Emphasis. Upper Saddle River. Prentice Hall. New Jersey.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). ED PSAK No.1 (Revisi 2009). Salemba Empat. Jakarta.

Ouda, Hasan A. G. 2014. Towards a Practical Accounting Approach for Heritage Assets: An Alternative Reporting Model for the NPM Practices. Journal of Finance and Accounting., 2(2), 29.

Pedoman Standar Akuntansi Pemerintah. (2010). Nomor 07: Aset Tetap.

Stanton, William J. 1997. Fundamental of Marketing. Edisi Bahasa Indonesia Terjemahan oleh F.X. Budiyanto. Binarupa Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. CV ALFABETA. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i4.6182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com