Penerapan analisis balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja (studi pada pdam tirta kencana kota samarinda)

Bayu Ananda Perdana Hakim, Isna Yuningsih, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda selama 2015-2017 yang di ukur dengan konsep balanced scorecard. Penelitian ini mengukur kinerja perusahan menggunakan 4 perspektif balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada perspektif keuangan, mendapatkan hasil yang baik, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kinerja terutama pada return on invesment dan net profit margin yang sebelumnya mendapatkan kinerja yang buruk. (2) Perspektif pelanggan, pelanggan merasa sudah cukup puas terhadap kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. (3) Pada perspektif proses bisnis internal, PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda belum berhasil dalam menurunkan tingkat kehilangan air. Selanjutnya, perusahaan berhasil untuk terus meningkatkan efisiensi produksinya. (4) Kinerja pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran didapatkan hasil yang, pegawai PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda merasa puas terhadap tempat kerjanya, selanjutnya perusahaan dapat mempertahankan dan menambah sumber daya manusia yang baik untuk meningkatkan produktivitasnya, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya produktivitas para pegawai.

Keywords


Performance Measurement; Balanced Scorecard; Financial Perspective; Customer Perspective; Internal Business Processes Perspective; Learning and Growth Perspective.

References


Bscdesigner.com. (2010). Balanced Scorecard Helped Rockwater Take Customer Service to the Next Level, Diakses pada 11 Maret 2019. https://bscdesigner.com/customer-service-to-the-next-level.htm

Fahmi, I. (2013). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Halim, A., Tjahjono, A., & Husein, M. F. (2009). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hery. (2017). Balanced Scorecard for Business. Jakarta: PT Gramedia.

Huda, A. Z. (2013). Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus PDAM Tirta Dharma Kabupaten Klaten).

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Diterjemahkan oleh Peter R. Yosi. Jakarta: Erlangga.

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Mahsun, M. (2009). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi (2009). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personal Berbasis Balanced Scorecard. Dikutip dalam Tahaka, Y. C. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Pt. Bank Sulut. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174, 1(4), 402–413. https://doi.org/10.1183/09031936.00140408

Octavyanti, S., & Riduwan, A. (2014). Analisis Kinerja Melalui Pendekatan Balanced Scorecard Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4).

Rangkuti, F. (2015). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia.

Rusdiyanto, A. F. (2010). Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PDAM Kabupaten Semarang. Universita Diponegoro.

Samarinda.prokal.co. (2016). Ngakunya Rugi Terus , PDAM Akan Naikkan Tarif, Diakses pada 11 Maret 2019. http://samarinda.prokal.co/read/news/1126-ngakunya-rugi-terus-pdam-akan-naikkan-tarif

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarsan, T. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: PT Indeks.

UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah.

UUD 1945 Pasal 33 tentang Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial.

Zainal, R. V., Basri, Y. Z., Gunawan, I. D., & Mardiwasito, G. (2015). Manajemen Kinerja Untuk Perusahaan dan Organisasi (Cara Tepat dan Mudah Menilai Kinerja dari Teori ke Praktik). Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com