Penerapan analisis balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja (studi pada pdam tirta kencana kota samarinda)
Abstract
Keywords
References
Bscdesigner.com. (2010). Balanced Scorecard Helped Rockwater Take Customer Service to the Next Level, Diakses pada 11 Maret 2019. https://bscdesigner.com/customer-service-to-the-next-level.htm
Fahmi, I. (2013). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Halim, A., Tjahjono, A., & Husein, M. F. (2009). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Hery. (2017). Balanced Scorecard for Business. Jakarta: PT Gramedia.
Huda, A. Z. (2013). Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus PDAM Tirta Dharma Kabupaten Klaten).
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Diterjemahkan oleh Peter R. Yosi. Jakarta: Erlangga.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Mahsun, M. (2009). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.
Mulyadi (2009). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personal Berbasis Balanced Scorecard. Dikutip dalam Tahaka, Y. C. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Pt. Bank Sulut. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174, 1(4), 402–413. https://doi.org/10.1183/09031936.00140408
Octavyanti, S., & Riduwan, A. (2014). Analisis Kinerja Melalui Pendekatan Balanced Scorecard Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4).
Rangkuti, F. (2015). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia.
Rusdiyanto, A. F. (2010). Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PDAM Kabupaten Semarang. Universita Diponegoro.
Samarinda.prokal.co. (2016). Ngakunya Rugi Terus , PDAM Akan Naikkan Tarif, Diakses pada 11 Maret 2019. http://samarinda.prokal.co/read/news/1126-ngakunya-rugi-terus-pdam-akan-naikkan-tarif
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sumarsan, T. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: PT Indeks.
UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah.
UUD 1945 Pasal 33 tentang Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial.
Zainal, R. V., Basri, Y. Z., Gunawan, I. D., & Mardiwasito, G. (2015). Manajemen Kinerja Untuk Perusahaan dan Organisasi (Cara Tepat dan Mudah Menilai Kinerja dari Teori ke Praktik). Yogyakarta: BPFE.
DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com