Pengaruh leverage, kepemilikan manajerial dan growth opportunities terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan bumn yang terdaftar di bursa efek indonesia

Teguh Santoso, Siti Masyithoh, Dhina Mustika Sari

Abstract


Teguh Santoso. Pengaruh Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh : Ibu Siti Masyithoh dan Ibu Dhina Mustika Sari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Growth Opportunities Berpengaruh Terhadap Konservatisme Akuntansi yang terdaftar dibursa efek Indonesia tahun 2013-2017. Konservatisme akuntansi diukur dengan menggunakan Non-operating accrual. Pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan sampel dengan jumlah populasi sebanyak 48 sampel dan terdapat outlier 10 sampel untuk memenuhi uji asumsi klasik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 sampel. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS 23. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Leverage berpengaruh signifikan positif terhadap Konservatisme Akuntansi. 2) Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan negatif terhadap Konservatisme Akuntansi. 3) Growth Opportunities berpengaruh signifikan negatif terhadap Konservatisme Akuntansi.


Keywords


Leverage; Kepemilikan Manajerial; Growth Opportunities; Konservatisme Akuntansi

References


Alhayati, Fajri. 2013. Pengaruh Tingkat Hutang (Leverage) Dan Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI), Jurnal Akuntansi 1 (1).

Ayuningsih, Latifa Dinar, Kania Nurcholisah dan Heliana. 2016. Pengaruh Debt Convenant, Kepemilikan Manajerial, dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Akuntansi 29. Universitas Islam Bandung.

Beaver, W. H. dan Ryan, S.G. 2000. “Biases and Lags In Book Value and Their Effects on The Ability of The Book-Tomarket Ratio to Predict Book Return on Equity”. Journal of Accounting Research 38.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2006. Accounting Theory, Edisi 5, Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Deviyanti, Dyahayu Artika. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme Dalam Akuntansi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan IV, Badan Penerbit ALFABETA. Bandung.

Fala, Dwiyana Amalia.S. 2007. Pengaruh Konservatisme Akuntansi Terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan Dimoderasi Oleh Good Corporate Governance. Seminar Nasional Akuntansi X

Fatmariani. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Debt Covenant Dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Univesitas Negeri Padang.

Fitri, Gami Amalia. 2017. Analisis Pengaruh Financial Distress, Leverage Dan Kepemilikan Manajerial Perusahaan Terhadap Penerapan Konservatisme Dalam Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2015, Artikel Ilmiah Akuntansi. Universitas Negeri Padang.

Givoly, Dan dan Carla Hayn. 2000. The Changing Time-Series Properties Of Earnings, Cash Flow And Accruals : Has Financial Reporting Become More Conservative?. Journal Of Accounting And Economic. 29.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23, Cetakan VIII, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hery. 2013. Teori Akuntansi: Suatu Pengantar, Cetakan VIII, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Nuraini, Ifa. 2017. Pengaruh Growth Opportunities, Leverage Dan Finacial Distress Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Farmasi (Studi Empiris Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015), Artikel Ilmiah Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.

Priambodo, Muhammad Setio dan Agus Purwanto. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konservatisme Perusahaan-Perusahaan Di Indonesia. Journal Of Accounting 4 (4).

Putri, Annisa Meutia. 2018. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Debt Covenant, Intensitias Modal, Likuiditas dan Growth Opportunity Terhadap Konservatisme Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Skripsi. Universitas Lampung.

Quljanah, Mifta, Elva Nuraina dan Anggita Langgeng Wijaya. 2017. Pengaruh Growth Opportunity dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Artikel Ilmiah 5 (1)

Sari, Cynthia dan Desi Adhariani. 2009. Konservatisme Akuntansi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Susanto, Barkah dan Tiara Ramadhani. 2016. Faktor-Faktor Yang MemengaruhiKonservatisme, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) 23 (2).

Susilo, Tri Pujadi dan Jundi Mangku Aghni. 2017. Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional, Debt Covenant, Growth Opportunities, Dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi. Media Riset Akuntansi.

Sutrisno, 2009. Manajemen Keuangan : Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonesia. Yogyakarta

Utama, Ikhsan Yoga. 2015. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Laverage, Growth Opportunities Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Konservatisme Akuntansi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Verawaty, Syaiful Hifni dan Chairina. 2017. pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Jurnal Seminar Nasional ASBS. Universitas Negeri Banjarmasin.

Watts, R. 2003. “Conservatism in Accounting Part II: Evidence and Research Opportunities”. Accounting Horizons 17

Wulandari, Indah, Andreas dan Elfi Ilham. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Debt Covenant Dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi. JOM FEEKON 1 (2).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i2.6168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com