Penetapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Dalam Penilaian Kinerja UPT Puskesmas Ritan Baru Kecamatan Tabang

Falensia Falensia, set asmapane, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Puskesmas Ritan Baru menggunakan metode Balanced Scorecard. Jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner.

Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Ritan Baru sebagai berikut: 1) Perspektif keuangan sudah baik dan perlu mempertahankan kembali dalam pengelolaan keuangan. 2) Perspektif masyarakat adalah cukup baik, sehingga memberi nilai tambah bagi kepuasan pasien pada pelayanan jasa yang diberikan Puskesmas. 3) Perspektif bisnis internal dalam pemanfaatan fasilitas puskesmas yang sudah baik dan dari segi ALOS mengalami penurunan, hal ini disebabkan pelayanan dalam pengobatan sudah diberikan secara maksimal. 4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran cukup baik.


Keywords


Balanced Scorecard; Kinerja Puskesmas

References


Anthony and Govindarajan. (2003). Management Control System. Eleventh Edition. Mc. Graw Hill International Edition.

Arikunto Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta..

Dhira Yuanisa. (2010). Evaluasi Terhadap Kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Pada Bank Konvensional dengan Perspektif Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Bank Jateng). Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Dessler, Gary. (2012). MSDM. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Dunn William N (2003). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Gomes, Fouston C. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binarupa Aksara.

Halimah Ratna Nur. (2014). Implementasi Balanced Scorecard untuk Penilian Kinerja Pad Bank Syariah Muamalat Samarinda. Samarinda: Fakultas Ekonomi. Universitas 17 Agustus 1945.

Hansen, Due. Robert. and Michale. Myantar. Mowen. (2009). Akuntansi Manajemen Edisi Tujuh. Terjemahan dari : Manajement Accounting Seventh Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Kaplan, Robert Samuel dan Norton, Peter David. (2010). The Balanced Scorecard : Translating Strategy Into Action, Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasta. 2000, Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Mahardika dan Supadmi. (2014). Analisis Komparatif Kinerja Puskesmas Denpasar Selatan dan Denpasar Timur dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Denpasar: Universitas Udayana.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP-AMP YKPM.

Mahsun Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo. (2016). Akuntabilitas Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Maryudi. (2015). Kinerja Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Puskesmas Juwana Tahun 2010-2014). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Semarang

Milyarsih Fevi. (2012). Analisis Pendekatan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja PT. Godangtua Jaya Farming. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mulyadi. (2010). Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat ganda Kinerja Keuangan Perusahaan:Balanced Scorecard. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution Siti Khadijah. (2015). Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Balanced Scorecard. Medan: Universitas Sumatera Utara.

otoadmojo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsan, Thomas. (2013). Perpajakan Indonesia (Vol.3). Jakarta: Indeks.

Wibowo. (2008). Manajemen Kerja Edisi 1. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Wijaya Amin. (2003). Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard. Jakarta: Harvarindo.

Wijayanti, Rahman. (2010). Penerapan Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard (studi kasus pada RSUD Selat Panjang)”. Riau: Universitas Lancang Kuning.

Winwin Yadiati dan Ilham Wahyudin. (2006). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i1.6069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com