Penerapan sistem dan prosedur akuntansi kas pada gereja gpmii jemaat kalam kudus kabupaten kutai kartanegara

Lisa Evasusanti Silaban, Hamid Bone, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Lisa Evasusanti Silaban. Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Kas pada Gereja GPMII Jemaat Kalam Kudus di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibawah bimbingan Bapak H. Hamid Bone dan Ibu Wulan Iyhig Ratna Sari.Gereja GPMII merupakan bagian dari entitas publik dan semua aktivitas yang berkaitan dengan keuangan harus dipertanggungjawabkan kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan unsur-unsur sistem pengendalian internal pada sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas di Gereja GPMII Jemaat Kalam Kudus Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Gereja GPMII sebagai studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerimaan kas masih lemah dimana gereja tidak memiliki nomor rening bank tetapi menyimpan kas gereja di nomor rekening bendahara dan dicampur dengan uang pribadi bendahara. Gereja tidak menyetor penerimaan kas ke bank sesegera mungkin tetapi penyetoran kas dilakukan apabila kas sudah terkumpul selama satu bulan, tidak melakukan perhitungan saldo kas yang ada ditangan secara periodik.  Pengeluaran kas masih lemah dimana fungsi penyimpanan kas tidak tepisah dari fungsi pencatatan dan tidak dilakukan rekonsiliasi bank oleh bendahara dan gereja tidak membuat nominal dana kas kecil.

Kata Kunci: Penerapan akuntansi kas, sistem dan prosedur, pengendalian internal, penerimaan kas, pengeluaran kas.


Keywords


Penerapan akuntansi kas; sistem dan prosedur;pengendalian internal;penerimaan kas;pengeluaran kas

References


Agoes, Sukrisno. (2012). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik, Jilid Pertama. Edisi Keempat. Salemba Empat. Jakarta.

Ariyanti, Eka. (2017). Analisis Pengendalian Internal Pada Sistem Dan Prosedur Penerimaan Dan Pengeluaran Kas pada PT.Cahaya Setia Utama di Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Baridwan, Zaki. (2010). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode, Edisi Kelima. BPPE. Yogyakarta.

Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Proses dan Penerapan. Edisi I. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Hall, James A. (2009). Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat. Jakarta.

Kabuhung, Merystika. (2013). Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas untuk Perencanaan dan Pengendalian Keuangan pada Organisasi Nirlaba Keagamaan. Jurnal EMBA 1 (3). Juni:339-348.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Ghalia Indonesia. Bogor.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica, Ratna Wardhani, Aria Farahmita dan Edward Tanujaya. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah, Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi, Salemba Empat. Jakarta.

Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.

Narko. (2007). Sistem Akuntansi, Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta.

Pascarani, Lucia Indah. (2016). Evaluasi Pengendalian Internal dalam Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas (Studi Kasus pada Paroki Santo Antonius Padua Kendal). Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Romney, Marshal B dan Paul John Steinbart. (2014). Accounting Information System. Salemba Empat. Jakarta.

Setiyani, Caecilia Anita dan H. Andre Purwanugraha. (2015). Evaluasi Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Gereja-Gereja di Rayon Bantul. Jurnal. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya.

Weygandt, Jerry J and Kieso, Donald E and Kimmel, Paul D. (2009). Pengantar Akuntansi, Buku 2. Edisi Tujuh. Salemba Empat. Jakarta.

Zaini, Muhammad. (2017). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem dan Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Kas Masjid Baiturrahim Samarinda. Skripsi. Samarinda. Universitas Mulawarman.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i3.6063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com