Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Pengendalian Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Pada Pemerintah Kota Samarinda

Rini Rahmawati, Hamid Bone, Anisa Kusumawardani

Abstract


Rini Rahmawati, 2019. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Pengendalian Anggaran terhadap Senjangan Anggaran pada Pemerintah Kota Samarinda. Proses penyusunan anggaran melibatkan banyak pihak dalam penyusunan anggaran, dan berpengaruh terhadap sasaran anggaran tersebut. Hal ini tentunya harus di sertakan pengendalian anggaran yang baik agar tidak terjadi senjangan anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, dan pegendalian anggaran terhadap senjangan anggaran pada pemerintah Kota Samarinda. Sampel yang diteliti adalah 72 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dengan mengirim kuesioner ke 35 SKPD Kota Samarinda. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 20.

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap senjangan anggaran pada pemerintah Kota Samarinda, sehingga H1 diterima. Akan tetapi kejelasan sasaran anggaran menunjukkan hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap senjangan anggaran pada pemerintah Kota Samarinda, sehingga H2 ditolak. Selanjutnya, pengendalian anggaran berpengaruh ngeatif dan tidak signifikan terhadap senjangan anggaran pada pemerintah Kota Samarinda, sehingga H3 ditolak.

 

 

 


Keywords


partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, pengendalian anggaran, senjangan anggaran, analisis regresi

References


Agusti, R. (2011). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Dimoderasi Oleh Variabel Komitmen Organisasi Dan Informasi Asimetri.

Aji Kridawan dan Amir Mahmud. (2014). “Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Asimetri Informasi Sebagai Variabel Moderasi”. Accounting Analysis Journal 3 (2).

Armaeni, 2012. “Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Dan Penekanan Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran (Budgetary Slack) (Studi Pada SKPD Pemerintah Kabupaten Pinrang). Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Bajora, Muhammad. 2017. Pengaruh Asimetri Informasi, Job Relevant Information, dan Efektivitas Pengendalian Anggaran terhadap Budgetary Slack (Studi Empiris pada SKPD Kota Padang). Jurnal Akuntansi, Vol. 5, No.1.

Bulan, Rida Fani. (2011). “Pengaruh Partisipasi Anggaran Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Job Relevant Information Serta Implikasinya Pada Senjangan Anggaran (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Birereun), Vol. 4 (1).

Cucu Ulvani Hasanah dan I Wayan Suartana, 2014. “Pengaruh Interaksi Motivasi Dan Budaya Organisasi Pada Hubungan Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran Dengan Senjangan Anggaran” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1. 2014.

Herlianto, D. 2015. Anggaran Keuangan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Husain, Siti Pratiwi. 2011. “Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating”.INOVASI Vol.8 (3).

Irfan dkk, Muh. 2016. Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Asimetri Informasi, Penekanan Anggaran dan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol 17 No 2, hlm 158-175. Juli 2016.

Islami, Mutiara. 2016. “Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Efektivitas Pengendalian Anggaran dengan Moderasi Gaya Kepemimpinan terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Empiris pada SKPD Pemerintahan Kota Pekanbaru)”. Faculty of Economics Riau University, Pekanbaru, Indonesia. JOM Fekon Vol. 3. 1. 2016.

Nila Aprila dan Selvi Hidayani. 2012. “The Effect Of Budgetary Participation, Asymetry Information, Budget Emphasis and Comitment Organization to Budgetary Slack at SKPD Govermental of Bengkulu City. “PROCEEDING The 13th Malaysia Indonesia Conference on Economic, Management and Accounting (MIICEMA).

Novitasari, Ninis dan Dewa Gede Wirama. 2015. “Pengaruh Pengendalian Anggaran Pada Senjangan Anggaran Dan Orientasi Jangka Pendek Manajer”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 13.3 .

Pratama, Reno. 2013. “Pengaruh Pastisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Dan Motivasi Sebagai Pemoderasi”.

Putra, Deki. 2015. “Pengaruh Akuntabilitas Publik Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Rahmiati, Elfi. 2013. “Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Asimetri Informasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Pemoderasi”.

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Republik Indonesia. 2004. Undang-undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Reskino dan Wilda Farah. 2012. “Pengaruh Kejelasan Sasaran AnggaranTerhadap Senjangan Anggaran Pada UIN Syarif Hidayatullah”. Jurnal Etikonomi Vol. 11 (1).

Sitepu, Ofalyn Octarya. 2015. “Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Akuntabilitas Publik, dan Pengendalian Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial di Inspektorat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara”. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sujana, I Ketut. 2010. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi, Asimetri Informasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Budgetary Slack Pada Hotel-Hotel Berbintang Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 5.(2). Juli 2010.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung :CV. Alfabeta.

Sunyoto, D. 2012. Analisis Validitas dan Asumsi Klasik. Edisi Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Threzasyari, Yulfriza. 2017. “Pengaruh Partisipasi Anggaran Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Lotus Of Control Sebagai Variabel Moderasi”. JOM Fekon, Vol 4 No. 1. Februari 2017.

https://www.samarindakota.go.id, di akses tanggal 3 November 2018.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v5i2.5806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com