Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pngungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Lilik Ernawati, Isna Yuningsih, Ledy Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI. Populasi penelitian ini sebanyak 501 perusahaan yang merupakan perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun  2013-2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah perusahaan non keuangan yang dijadikan sampel sebanyak 14 perusahaan. Data diolah menggunaan metode uji statistik regresi linear berganda dengan dibantu menggunaan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI.


Keywords


Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; Ukuran Dewan Komisaris; Pengungkapan Corporate Social Responsibility

References


Adawiyah, Ira Robiah. 2013. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dn Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Arjanggie, Aulia Rizki. 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Andriani, Puput Puji. 2017. Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda.

Anggie, Ryan. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Eonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Anggraini, Fr. Reni Retno 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan Studi Empiris Pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. 23-26 Agustus.

Anggrayani, Novita. 2016. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responbility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia dan Singapura. Skripsi. Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.

Apriani, Hani Werdi. 2015. Pengaruh Corporate Governance Dan KarakteristikPerusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Transaksi Pihak Berelasi Di Indonesia, Jurnal Akuntansi Indonesia 4 (1) Januari: 36 – 50.

Fahrizqi, Anggara. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Fariati, dan Waseso Segoro. 2013. Pengaruh Ukuran Entitas, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Entitas Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2011. Proceding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil) Vol.5, ISSN: 1858-2559, Bandung Oktober: 8-9.

Fitriana, Noor Laila dan Andri Prastiwi. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Annual Report, Diponegoro journal of accounting 3 (3) ISSN (Online): 2337-3806: 1-10.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21: Up Date PLS Regresi, Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Juhmani, Omar. 2013. Ownership Structure and Corporate Voluntary Disclosure: Evidence from BahrainInternational, Journal of Accounting and Financial Reporting3 (2)ISSN 2162-3082 : Pp 133-148.

Januarti, I dan Dini Apriyanti, D. 2005. “Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kinerja Keuangan”. Jurnal MAKSI. Program Undip. Vol. 5 No. 2. hal 227-242.

Nisa, Khoirun. 2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulwarman, Samarinda.

Purnasiwi, Jayanti. 2011. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage Terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Purwanto, Agus. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Universitas Diponegoro Volume/8 No.1/November 2011:1-94.

Pradipta, Dyah Hayu dan Anna Purwaningsih. 2012. Pengaruh Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Earnings Responsee Coefficient (ERC), Dengan Ukuran Perusahaan Dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol. Simposium Nasional Akuntansi XV 2012.

Raharjaputra, Hendra S. 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi untuk Eksekutif Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmawati, Indah Dewi Utami. 2005. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, dan Umur Perusahaan, Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Solo : Seminar Nasional Akuntansi VIII.

Rizky, Yudaruddin. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20, Cetakan Pertama. Intervena, Yogyakarta.

Salinding, Alce. 2016. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) Perusahaan Manufaktur yang Telah Go Public dan Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2013. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Sari, Rizkia Anggita. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responbility Discloure Pada Perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal. Vol.1 No.1 pp.124-140.

Sembiring, Eddy Rismanda, 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Disampaikan dalam Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 15-16 September 2005.

Sha, Thio Lie. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI. Jurnal Akuntansi Vol. XVIII No.1 pp 86-98. Januari 2014.

Sulastini, Sri. 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Social Disclosure Perusahaan Manufaktur Yang Telah Go Public. Tesis. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Triwanto, Edwin. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Wardani, Nurul Kusuma, 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Fascho Publishing. Gresik.

www.idx.co.id

Yulfaida, Dewi. 2012. Pengaruh Size, Profitabilitas, Profile, Leverage dan Ukuran Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Diponegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com