Perlakuan Akuntansi Terhadap Produk Cacat Dalam Perhitungan Beban Pokok Produksi Pada PT SLJ Global Tbk

Jesti Anastasia Pasanna, Set Asmapane, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perlakuan akuntansi terhadap produk cacat dalam perhitungan beban pokok produksi pada perusahaan dan untuk mengevaluasi dampak yang terjadi terhadap beban pokok produksi akibat produk cacat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data sekunder, data kualitatif, dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif kualitatif. Dari hasil penelitian pada PT SLJ Global didapati adanya produk cacat yang bersifat normal dan laku dijual, setelah dilakukan pemisahan antara beban pokok produk normal dan beban pokok produk cacat diketahui bahwa biaya per unit yang dikeluarkan untuk produk cacat lebih besar dari produk normal karena adanya biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki produk yang cacat. Perlakuan atas adanya biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki produk cacat dibebankan pada beban pokok produk cacat

Keywords


produk cacat, beban pokok produksi

References


Christy, Karouw, Tinangon, Jantje J dan Novi Budiarso. (2016). “Perlakuan Akuntansi Terhadap Produk Rusak Dalam Perhitungan Harga Pokok Produk Pada CV. Pulau Siau”, Jurnal EMBA, Vol.4 No.1.

Indriantoro, Nur dan Supomo Bambang. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: Edisi Pertama, BPFE.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Lestari, Fitri Yuli. (2014). “Perlakuan Akuntansi Produk Rusak Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan Pada Perusahaan Tegel Angga Jaya Kediri”, Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri, Vol. No.

Lintong, Pricila, G dan J, Tinangon. (2014). “Perlakuan Akuntansi Terhadap Produk Rusak Pada PT Pabrik Gula Gorontalo”. Jurnal EMBA, Vol.2 No.2.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Edisi ke-5 Cetakan Keduabelas, UPP-STIM YPKN.

Putri, Apriani. (2015). “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Terhadap Harga Jual Pada CV Warna Indah”, Laporan Akhir Politeknik Negeri Sriwijaya (hal. 1-2).

Raiborn, Cecily, A dan Kinney, Michael, R. (2011). Akuntansi Biaya: Dasar Dan Perkembangan, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R, A. (2011). Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya Dan Penentuan Harga Pokok, Yogyakarta: Buku I Edisi Ke-2, BPFE-UGM.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com