Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Wenti Amalia Purwaningayu, Hamid Bone, Raden Priyo Utomo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang dilihat dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2016 yang berjumlah 18 perusahaan. Pemilihan sampel melalui purposive sampling. Terdapat 14 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian sehingga data penelitian berjumlah 70. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan Perputaran Piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), perputaran Persediaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).


Keywords


Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas

References


Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011. Essentials Of Financial Management, 11th Edition. Yulianto, Ali Akbar. (terjemahan). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Diana, Putri Ayu dan Bambang Hadi Santoso. 2016. Pengaruh Perputaran Kas, Piutang, Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Semen di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3, Maret 2016.

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23, Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hoiriya, dan Marsudi Lestariningsih. 2015. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 4, April 2015.

Juan, Ng Eng dan Esra Tri Wahyuni. 2012. Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta

Jusup, Haryono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1, Cetakan Pertama. Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Jusup, Haryono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 2,Cetakan Pertama. Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan ke-4. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Martini, Dwi, Sylvia, V, Ratna, W, Aria, F, Edward, T. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Edisi ke-1. Salemba Empat. Jakarta

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan, Cetakan Ketujuh Belas. Liberty Yogyakarta. Yogyakarta.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi ke-4. BPEE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Sufiana, Nina dan Ni Ketut Purnawati. 2013. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Management Universitas Udayana: Vol 2 No 4 April 2013.

Supriyadi, Yoyon dan Fani Fazriani. 2011. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas dan Profitabilitas pada PT Timah,tbk dan PT Antam,tbk. Jurnal Ilmiah Ranggagading: Vol 11 No.1 April 2011.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Pertama,Cetakan Ketuju, Penerbit Ekonesia. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com