Analisis kinerja dengan pendekatan value for money pada dinas pertanian tanaman pangan dan hortikultura kabupaten kutai kartanegara

Nika Wuryani, Dwi Risma Deviyanti, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dengan pendekatan value for money pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kutai Kartanegara. Pada tahun 2016 Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai 7 program dengan 38 kegiatan. Penelitian ini memfokuskan pada 1 program yang terdiri dari 2 kegiatan yang memiliki nilai anggaran yang paling tinggi yaitu pada program Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan dengan kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna dan Pengadaan Alat dan Mesin Pertanian (Bankeu Provinsi). Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil pengukuran kinerja program Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan yang terdiri dari kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna dan Pengadaan Alat dan Mesin Pertanian (Bankeu Provinsi) yaitu: Kinerja ekonomi masing-masing memperoleh kategori cukup ekonomis telah melaksanakan kinerjanya dengan cukup ekonomis. Kinerja efisiensi masing-masing memperoleh kategori sangat efisien telah melaksanakan kinerjanya dengan efisien. Kinerja efektivitas masing-masing memperoleh kategori efektif dan kurang efektif belum melaksanakan kinerjanya dengan efektif


Keywords


kinerja; value for money; ekonomis; efisien; efektif

Full Text:

PDF

References


Agustin dan Anang Subardjo. 2017. Konsep Value for Money dalam Mengukur Kinerja Pelayanan Sektor Publik. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Annisa, Dian. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Dinas Kesehatan Kota Makassar Melalui Pendekatan Value for Money. Universitas Hasannudin, Makassar.

Arfan, Demi Aulia. 2014. Analisis Value for Money dalam Pengukuran Kinerja Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Tahun 2011-2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bastian, Indra. 2010. Akuntansi Sektor Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Ferina dan Fika Arista. 2013. Penilaian Kinerja dengan Menerapkan Indikator Value For Money pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2009 – 2011. Universitas Sriwijaya, Palembang.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kristanti, Okky Irvina. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Value For Money (Studi kasus di unit pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Karimunjawa). Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Kutamaya, Giani. 2007. Pengaruh Value for Money Terhadap Akuntabilitas Publik Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2016 Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, Mohammad. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Edisi IV. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Daerah No. 12 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Purwiyanti, Dwi. 2017. Analisis Kinerja Berbasis Konsep Value For Money pada Kegiatan Fisik Pekerjaan Irigasi Donggala Kodi (Study di Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu). Universitas Tadulako.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com