ANALISIS AKUNTANSI PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN SERTA KESESUAIANNYA DENGAN SAK EMKM PADA CV. YOVA BERSAUDARA

Amalia Novita, Sri Mintarti, Yunita Fitria

Abstract


Novita, Amalia 2018. Analisis Akuntansi Pencatatan dan Penilaian Persediaan serta Kesesuaiannya dengan SAK EMKM pada CV. Yova Bersaudara di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Sri Mintarti, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Yunita Fitria, S.E., M.Sc selaku Dosen pembimbing lI.

Penelitian ini dilakukan pada elemen laporan persediaan barang dagang yang dimiliki oleh CV. Yova Bersaudara, di mana perhitungan penilaiaan persediaan dengan metode FIFO yang digunakan oleh perusahaan belum sepenuhnya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Makro Bab 9 tentang Persediaan.

Tujuan peneIitan ini untuk menganalisis pencatatan dan penilaian persediaan akhir yang ada pada CV. Yova Bersaudara dimana pencatatan dan peniaiannya dengan mengunakan metode FIFO-fisik belum sepenuhnya sesuai dengan SAK EMKM Bab 9 tentang Persediaan.

Adapun alat analisis yang digunakan adalah Standar Akuntansi Keuangan

Entitas Mikro Kecil Menengan Makro (SAK EMKM) Bab 9 (2018:21) tentang Persediaan, dimana hasil yang di dapat yaltu persediaan akhir Sarimi Rasa Baso Sapi pada CV. Yova Bersaudara adalah sebanyak 544 unit dengan nilai sebesar Rp. 37.590.400,00.

Berdasarkan penilaian persediaan metode FIFO-fislk, metode yang digunakan oleh CV. Yova Bersaudara belum sesuai dengan metode harga pokok

berdasarkan SAK EMKM Bab 9 tentang persediaan. Selain itu persediaan yang ada belum sesuai dengan metode pencatatan dan penilaian persediaan harga pokok FIFO-fisik dengan yang tercantum pada Laporan Laba Rugi perusahaan. Adapun jumlah persediaan akhir yang tercantum dalam Laporan Laba Rugi adalah sebanyak 2.406 unit dengan nilai sebesar Rp. 325.535.831,00. Hal ini dikarenakan pencatatan pada kartu persedlaan tidak teratur, yang mengakibatkan adanya transaksi yang tidak tercatat dan menyebabkan selisih pada penlalan persediaan akhir. Selain itu juga dikarenakan pencatatan pada kartu persediaan tidak sesuai dengan sistem pencatatan Metode FIFO sehingga mengakibatkan nilai persediaan akhir yang tercantum pada Laporan Laba Rugi tidak sesuai dengan nilai yang sebenarnya.


Keywords


Pencatatan dan Penilaian Persediaan, SAK EMKM



DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com