Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi universitas mulawarman berkarir di bidang perpajakan

Agni Adelyta Putri, Sri Mintarti, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berkarir di bidang perpajakan dan seberapa besar minat mahasiswa untuk berkarir di bidang perpajakan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah sikap perilaku, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk berkarir di bidang perpajakan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian dengan menggunakan teori perilaku terencana yaitu,variabel norma subjektif yang mempengaruhi secara signifikan, sedangkan variabel sikap, dan kontrol perilaku yang positif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir di bidang perpajakan.

Keywords


minat berkarir mahasiswa di bidang perpajakan; teori perilaku terencana

References


Account Representative Andalan Republik Tercinta, 3 Agustus 2012. http://www.pajak.co.id/content/news/account-representative-andalan-republik-tercinta.

Azwar, Syaifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

BeritaSatu.com Sri Mulyani Dinilai Berhasil Genjot Penerimaan Pajak. http://www.beritasatu.com/ekonomi/407386-sri-mulyani-dinilai-berhasil-genjot-penerimaan-pajak.html, diakses tanggal 13 April 2017.

Chan, A. S. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Dayshandi, Dody, Siti Ragil Handayani, dan Fransisca Yaningwati. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan.(Studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).Jurnal Perpajakan (JEJAK). Vol. 1 No. 1 Januari 2015.

Haning, Victoria Hanutesa. 2012. Perilaku Self-Control Dalam Mengelola Keuangan Pribadi: Berdasarkan Theory of Planned Behavior dan Conscientiouness.

Hartbian,Yafet Wijaya. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Satya Wacana Untuk Bekerja di Bidang Perpajakan.

Jogiyanto, H.M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan, Andi, Yogyakarta.

Kusumawati, Ratna. 2011. Pengaruh Variabel Sosio Demografi dan Karakteristik Finansial Terhadap Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Menggunakan Kartu Kredit (Studi Pada Pegawai di UKSW Salatiga).

Lubis, Arfan Ikhsan. 2011. Akuntansi Keperilakuan Edisi 2, Salemba Empat. Jakarta.

Mahayani, Ni Made Dwi, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, dan Nyoman Trisna Herawati. Pengaruh Persepsi, Motovasi, Minat dan Pengetahuan Mahasiswa Akuntansi Program S1 Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan. Jurnal.Jurusan Akuntansi Program S1 (Volume 7 No.1 Tahun 2017).

Marpaung, Togi Dedy Wirawan. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Secara Online.

Mulianto, Stella Franciss dan Mangoting, Yenni. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak.

Nufransa Wira Sakti, Kompasiana. Ditjen Pajak Memanggil. http://www.kompasiana.com/frans/ditjen-pajak-memanggil_576b4faf5967329048b456b, diakses tanggal 13 April 2017.

Nugroho, Rahman Adi dan Zulaikha. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Tengah Satu), University Diponegoro Journal of ACCOUNTING, Vol.1 No.2.

Prof. Dr. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta.

Perpajakan di Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Perpajakan_di_Indonesia, diakses tanggal 01 September 2017

Putri, Rahmalia Prima. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi Empiris pada Universitas Riau, UIN Sultan Syarif Kasim, Universitas Islam Riau, dan Universitas Lancang Kuning).Jurnal. Jom FEKON Vol. 2 No. 1 Februari 2015

Rahmah. 2011. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Perceived Behavior Control (PBC) Terhadap Intensi Membeli Buku Referensi Kuliah Ilegal Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan Teori dan Kasus. Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat. Jakarta.

Roach, K.L. 2010.The Role of Perceived Parental Influences on the Career Self-Efficacy of College Students.Counselor Education Master’s Theses.

Skala Likert. https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Likert, diakses tanggal 02 Agustus 2017.

Likert, Rensis (1932), "A Technique for the Measurement of Attitudes", Archives of Psychology140: 1–55.

Dawes, John (2008), "Do Data Characteristics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales," International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.

Sulistiani, Dewi dan Prastiwi, Andri, S.E., M.Si., Akt. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Sebagai Akuntan Publik: Aplikasi Theory Of Planned Behavior (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro).

Suparmono dan Damayanti. 2009. Perpajakan Indonesia Mekanisme dan Perhitungan, Andi, Yogyakarta

Wong, William. 2012. Planned Behavior Theory https://wilyleo.wordpress.com/2012/03/05/planned-behavior-theoryplanned-behavior-theory/, diakses tanggl 16 Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com