Penerapan peraturan menteri koperasi dan usaha kecil menengah nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015 dalam penyajian laporan keuangan pada KSU Bina Bersama PKK Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara

Indah Primaswari, Nurita Affan, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penyajian laporan keuangan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Riil terhadap KSU Bina Bersama PKK Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan dan menguraikan data yang ada di lapangan, kemudian diklasifikasikan, dianalisa, dan selanjutnya diinterpretasikan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan yang diteliti untuk menarik kesimpulan generalisasi yang bersifat umum. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penyajian laporan keuangan KSU Bina Bersama PKK belum sepenuhnya sesuai dengan PMKUKM Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015, hal ini dapat dilihat pada neraca yang tidak menyajikan hutang pajak. Penyajian perhitungan hasil usaha terdapat kesalahan pencatatan nominal pada beban penyusutan dan akumulasi penyusutan aset tetap. Beban operasional yang dimiliki koperasi juga tidak dipisahkan berdasarkan golongannya. Koperasi belum menerapkan perhitungan pajak penghasilan sehingga koperasi tidak menyajikan beban pajak dalam laporanperhitungan hasil usaha. Catatan atas laporan keuangan belum lengkap sesuai yang disyaratkan dalam PMKUKM Nomor12/Per/M.KUKM/IX/2015, serta tidak disajikannya laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas dalam laporan keuangan KSU Bina Bersama PKK.

Keywords


laporan keuangan; usaha kecil menengah; peraturan; koperasi

References


Anthony, Robert N, David F Hawkins, Kenneth A Merchant. 2011. Accounting Text and Cases, Thirteenth Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc. Singapore.

Dwi, Martani, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Salemba Empat . Jakarta.

Gunawan, Hendra. 2017. Pertumbuhan Jumlah Koperasi Tak Diimbangi Dengan Pertumbuhan Kualitas. http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/08/29/pert umbuhan-jumlah-koperasi-tak-diimbangi-dengan-pertumbuhan-kualitas, diakses tanggal 01 September 2017.

Handayani, DwiYuni. 2016. Analisis Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada PRIMKOPTI (Primer Koperasi Tempe Tahu Indonesia) Kota Balikpapan.Skripsi.Samarinda.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Harjito, Agus dan Martono. 2011. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua. Ekonisia. Yogyakarta.

Hertiyo, Dimas Andika dan Nur Hisamuddin. 2015. Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha Buah Ketakasi Berbasis SAK ETAP. Artikel Ilmiah. Jember.Universitas Jember.

Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan Pertama. CAPS.Yogyakarta.

Horrison Jr, Walter T, Charles T Hongren, C William Thomas, and Themin Suwandy. 2011. Financial Accounting Internasional Financial Reporting Standart, Eighth Edition. Pearson Eduction South Asia Pte.Ltd. Singapore.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Cetakan 1.Kencana. Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mardiasmo. 2008. Akuntansi Keuangan Dasar, Edisi Ketiga.BPFE.Yogyakarta.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer Nonkeuangan. Erlangga. Jakarta.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Pedoman Umum Akuntansi Sektor Riil. Jakarta.

PPRI Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha Yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Reeve, James M., Carl S. Warren dan Jonathan E. Duchac.2009. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Edisi terjemahan.Salemba Empat Jakarta.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi, Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

. 2012. Pengantar Akuntansi. Erlangga. Jakarta.

Sodikin, Slamet Sugiri & Bogat Agus Riyono. 2014. Akuntansi Pengantar 1, Edisi Kesembilan. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Subandi. J. 2013. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik), Alfabeta. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Laporan Keuangan Untuk Bisnis, Cetakan Pertama. CAPS.Yogyakarta.

Ulfah, Putri Athirah. 2013. Penerapan SAK ETAP Pada Koperasi X. Jurnal.Depok.Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Wild, John J dan Winston Kwok. 2011. Financial Accounting : Information For Decisions, Fourth and Fifth Edition. McGraw-Hill Companies,Inc. Singapore.

Williams, Jan R., Susan F.Haka, Mark S.Bettner, Joseph V.Carcello, Nelson C. Y. Lam, Petter T. Y. Lau. 2011. Financial Accounting : Including International Finansial Reporting Standards (IFRS), Fourteenth Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc. Singpore.

Yulinartati.2013. Penerapan SAK-ETAP Pada Entitas Koperasi Studi Kasus Pada KUD Tri Karsa Jaya Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal. Jember. Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.4108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com