Analisis pendapatan dan belanja serta pembiayaan daerah pada pemerintah kota samarinda tahun anggaran 2014-2016

Reksy Saputra, Dwi Risma Deviyanti, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Menggunakan analisis rasio akan sangat membantu dalam menilai pencapaian prospek manajemen masa lalu dan masa depan di masa depan. Rasio yang digunakan dapat memberikan indikasi apakah Pemerintah telah berhasil meningkatkan pertumbuhan pendapatan secara positif atau negatif, menggambarkan kemampuan Pemerintah dalam kegiatan tata kelola Dana sendiri, ketergantungan anggaran Pemerintah dalam menjalankan transfer, Pemerintah kontribusi dalam realisasi pendapatan daerah dan tingkat pencapaian kegiatan Pemerintah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelusuran data sekunder dengan literatur dan manual. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan rasio hasil Pemerintah menunjukkan Pemerintah Kota Samarinda mengalami penurunan pertumbuhan pendapatan, interval pengalaman dikatakan kurang karena PAD rendah dibandingkan transfer Pemerintah Pusat, pengalaman ketergantungan keuangan sangat tinggi, tingkat pengalaman peran Pemerintah Pusat yang lebih dominan, kurang efektif tingkat rasio periode efektif 2014-2016. Pada analisis rasio pertumbuhan pengeluaran mengalami penurunan anggaran belanja, dengan menggunakan analisis rasio pengeluaran langsung dan tidak langsung pada Pemerintah Kota Samarinda menunjukkan hasil bahwa Pemerintah telah berhasil mengalokasikan anggaran yang ada baik. Pada rasio efisiensi pemerintah cukup efisien dalam menekan anggaran Pemerintah. Kemudian pada analisis rasio pertumbuhan menunjukkan hasil SiLPA positif. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan dalam menyusun anggaran tahun depan.

Keywords


Pendapatan; pengeluaran; pembiayaan

Full Text:

PDF

References


Andayani, Winarti. 2004. Analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik 5 (1).

Ariana, Hermawati. 2013. Analisis Pendapatan dan Belanja Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Publikasi Ilmiah 1 (1), 23-37.

Badan Litbang Depdagri RI, 1991, Pengukuran Kemampuan Keuangan Daerah Tingkat II Dalam Rangka Otonomi Daerah Yang Nyata Dan Bertanggung Jawab. Jakarta.

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Erlangga, Jakarta.

Bisma, I Dewa Gede dan Susanto, Hery. 2010. Evaluasi Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Anggaran 2003-3007. Jurnal Ganec Swara Edisi Khusus Vol. 4 No. 3.

Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

______, 2007. Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Edisi Revisi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

______, 2011. Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Keempat. Salemba Empat. Jakarta

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690.900-327 Tahun 1996 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan.

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 Tentang Pedoman Pengurusan, Pertanggungjawaban Dan Pengawasan Keuangan Daerah Serta Tata Cara Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah, Pelaksanaan Tata Usaha Keuangan Daerah Dan Penyusunan Perhitungan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

Mahmudi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Panduan Bagi Eksekutif, DPRD, dan Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Ekonomi, Sosial dan Politik, Edisi Kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Peraturan Daerah Pemerintah Kota Samarinda nomor 11 tahun 2009 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Dalam Pasal 20 ayat 1.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Pratiwi, Yuri. 2014. Analisis Pengakuan Pendapatan, Belanja, dan Pembiayaan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan 2 (1), 59-72.

Redaksi Great Publisher. 2009. Buku Pintar Politik; Sejarah Pemerintahan dan Ketatanegaraan. Jogja Great Publisher. Yogyakarta.

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Sari, Purnama. 2017. Analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato. Jurnal Ilmiah KARIMAH STIE AMKOP Makassar 2 (2), 179-187.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, dan Kombinasi. IKAPI. Bandung.

Suprapto, Heru. 2016. Analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2010 Sampai 2014. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Indonesia 16 (1), 46-59.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com