ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN KAS PADA PT. SYAMDIFA SALSA UTAMA SAMARINDA

Realita Suhani, Rande Samben, Anisa Kusumawardani

Abstract


Realita Suhani. Analisis Penerapan Pengendalian Intern Kas pada PT. Syamdifa Salsa Utama. Di bawah bimbingan Rande Samben dan Anisa Kusumawardani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian intern kas terutama mengenai sistem dan prosedur penerimaan serta pengeluaran kas yang diterapkan oleh PT. Syamdifa Salsa Utama apakah telah sesuai dengan unsur-unsur pengendalian intern yang berlaku. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan review dokumen menggunakan internal Control Questioner (ICQ) atas unsur-unsur pengendalian intern yang terdiri dari: 1) struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, 2) sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, 3) praktik yang sehat, dan 4) karyawan yang mutunya sesuai tanggung jawabnya.

Dari hasil penelitian, sistem pengendalian intern kas  yang diterapkan PT. Syamdifa Salsa Utama Samarinda sudah memadai. PT. Syamdifa Salsa Utama menggunakan sistem penjualan Tupperware  berbasis komputer yang terhubung langsung dengan Tupperware Indonesia yaitu Distribution Management System (DIMAS), Sistem tersebut berperan penting dalam semua proses yang terjadi di perusahaan mulai dari pembelian produk Tupperware, mencatat penerimaan dan pengeluaran barang, serta penyusunan laporan keuangan. Akan tetapi, masih terdapat beberapa sistem dan prosedur yang dilaksanakan tidak sesuai dengan unsur-unsur pengendalian intern kas karena masih terdapat selisih dalam pencatatan penerimaan kas antara jumlah fisik dan jumlah pencatatan pada laporan harian kasir. Selain itu, office manager yang tidak melakukan kewajibannya secara rutin, serta kas yang ada di tangan maupun yang ada di perjalanan belum diasuransikan dari kerugian.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com